Cara Mengembalikan Kontak di HP Xiaomi Tiba-Tiba Hilang

Cara Mengembalikan Kontak di HP Xiaomi Tiba-Tiba Hilang

Fungsi utama dari sebuah perangkat HP android yakni sebagai alat komunikasi. Untuk bisa saling terhubung satu sama lain, kita perlu menyimpan kontak di masing-masing perangkat. Menyimpan nomor kontak ini sendiri bisa memori ponsel ataupun ke penyimpanan kartu SIM. Anda bisa memilih salah satu media penyimpanan tersebut sesuai keinginan.

Menyimpan nomor kontak di HP, terkadang pada kondisi tertentu kontak yang disimpan tersebut hilang. Entah itu hilangnya karena disembunyikan atau telah dihapus, misalnya saja hal ini terjadi pada HP Xiaomi. Jika sudah seperti ini, apakah bisa kontak yang hilang tersebut dikembalikan? Tentu bisa. Berikut ini cara mengembalikan kontak di HP Xiaomi tiba-tiba hilang bisa Anda terapkan.

Cara Mengembalikan Kontak di HP Xiaomi Tiba-tiba Hilang

Mengembalikan atau merestore kontak yang terhapus di HP Xiaomi bisa dilakukan dengan beberapa cara, dan pastinya cara-cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan Anda yang masih pemula pun bisa menerapkan cara ini tanpa kesulitan. Adapun cara mengembalikan kontak di HP Xiaomi tiba-tiba hilang selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kembalikan Kontak yang Hilang di Xiaomi dengan Fitur Restore

Cara yang pertama untuk mengembalikan kontak hilang di HP Xiaomi yakni dengan memanfaatkan fitur Restore atau Pulihkan. Cara ini bisa dilakukan jika sebelumnya Anda perlu melakukan backup atau mencadangkan data di Xiaomi, termasuk data kontak. Untuk melakukan restore kontak di Xiaomi ini sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama Anda buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  2. Kemudian masuk ke opsi Setelan Tambahan.
  3. Klik pada opsi Buat Cadangan & Setel Ulang.
  4. Kemudian Anda pilih opsi Cadangan. Di sana akan ditampilkan data cadangan yang Anda simpan sebelumnya, Anda klik saja pada data cadangan tersebut.
  5. Untuk mulai mengembalikannya, Anda klik saja tombol Pulihkan.
  6. Tinggal menunggu sampai proses pengembalian data selesai dan kontak yang hilang tadi akan langsung muncul.
  7. Selesai.

2. Kembalikan Kontak yang Hilang di Xiaomi dengan Impor Kontak

Hampir sama seperti cara di atas, mengembalikan kontak yang hilang di HP Xiaomi dengan cara ini juga mengharuskan Anda melakukan ekspor kontak terlebih dahulu. Jadi, Anda akan mengekspor data kontak dan menyimpannya di memori internal HP. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, maka Anda bisa melakukan impor kontak kembali. Untuk melakukan impor kontak tersebut, yakni:

  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi Sistem.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Kontak.
  4. Lalu pilih opsi Import / Export.
  5. Ada tiga pilihan untuk mengimpor kontak, yakni impor dari penyimpanan internal dan melalui SIM. Pilih salah satu opsi impor kontak sesuai data ekspor yang Anda lakukan sebelumnya.
  6. Nantinya kontak akan langsung dikembalikan ke perangkat HP Xiaomi.

3. Kembalikan Kontak Hilang di Xiaomi dengan Aplikasi Tambahan

Jika cara di atas belum bisa mengembalikan kontak yang hilang, maka Anda bisa mencoba cara ketiga ini. Untuk cara satu ini Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang bernama Restore Contacts : Recover Deleted Contacts. Untuk cara menggunakan aplikasi tersebut, yakni:

  1. Pertama Anda download dan install aplikasi Restore Contacts : Recover Deleted Contacts. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pushpak.restorecontacts
  2. Jika sudah, sekarang Anda jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi, Anda masuk ke menu Deteled Contacts.
  4. Di sana akan ditampilkan data kontak yang telah dihapus dari perangkat Xiaomi.
  5. Sekarang Anda cari kontak yang ingin dikembalikan. Kemudian klik pada kontak tersebut untuk mengembalikannya ke buku kontak di HP Xiaomi.
  6. Selesai.

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan kontak di HP Xiaomi tiba-tiba hilang yang mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.