Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Xiaomi

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Xiaomi

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan paling penting di kehidupan masyarakat modern sekarang ini. Hampir semua dari mereka tidak bisa terlepas dari yang namanya internet.

Terlebih lagi penggunaan smartphone yang mengharuskannya terubung ke internet, membuat pengguna semakin ketegatungan. Mengakses internet di HP android, kita bisa menggunakan data seluler atau sambungan wifi.

Banyak percaya sinyal wifi lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan data seluler. Akan tetapi, ada kondisi tertentu yang membuat HP tidak bisa menangkap sinyal wifi dengan baik sehingga koneksinya menjadi lemot.

Hal ini bisa saja dialami pada semua tipe HP, salah satunya di HP Xiaomi. Lantas, bagaimana cara memperkuat sinyal wifi di HP Xiaomi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Xiaomi

Sinyal wifi yang kuat dan stabil membuat kita merasa lebih nyaman saat mengakses internet. Hanya saja, terkadang ada satu hal yang membuat koneksi wifi di smartphone menjadi lambat.

Berikut ini cara memperkuat sinyal wifi di HP Xiaomi yang paling ampuh dan mudah bisa Anda terapkan, yakni:

1. Update Firmware Xiaomi

Xiaomi termasuk salah satu vendor yang cukup rajin menghadirkan produk smartphone. Tidak hanya itu, mereka juga rajin memberikan update firmware atau MIUI untuk perangkat smartphone besutannya.

Dalam update-an firmware ini biasanya ada banyak pembaruan yang dihadirkan, termasuk untuk update konektivitasnya.

Jika koneksi wifi di HP Xiaomi milik Anda terasa sangat lambat, cobalah cek di bagian pembaruan firmware. Apakah ada versi OS Android MIUI terbaru yang tersedia atau tidak.

Jika memang ada, maka Anda perlu melakukan update. Untuk menemukan opsi ini Anda bisa masuk ke menu Pengaturan >> Pembaruan Telepon >> Versi MIUI >> klik Perbarui jika memang tersedia MIUI versi baru.

2. Letakkan Router Wifi di Lokasi yang Tepat

Meletakkan router wifi tidak boleh sembarangan, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal yang dipancarkannya. Pastikan Anda meletakkan router di area yang bisa menjangkau ruangan lebih luas di dalam rumah atau kantor.

Pastikan juga router tidak diletakkan bersebelahan dengan perangkat elektronik lainnya, seperti televisi, radio, kulkas, AC, atau yang lainnya. Taruhlah di area yang terbuka dan bisa menjangkau semua ruangan di rumah dan kantor.

3. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Alternatif lainnya untuk memperkuat sinyal wifi di HP Xiaomi yakni dengan memanfaatkan aplikasi penguat sinyal. Ada beberapa jenis aplikais untuk menguatkan sinyal di HP Xiaomi bisa Anda gunakan, dan hampir semua aplikasi bisa Anda gunakan secara gratis.

Salah satu aplikasi penguat sinyal yang paling direkomendasikan untuk digunakan yakni bernama Internet Booster & Optimizer. Aplikasi ini bahkan berjalan dengan lancar dan optimal di HP yang belum di-root.

4. Mengubah Pengaturan Frekuensi Wifi

HP keluaran terbaru kebanyakan sudah memiliki kemampuan menerima sinyal dengan frekuensi tinggi, misalnya saja frekuensi 5 Ghz.

Pastikan Anda sudah menggunakan HP Xiaomi yang memiliki fitur konektivitas dengan kemampuan menangkap frekuensi yang tinggi tersebut.

Sementara pada perangkat router, Anda perlu mengatur frekuensi yang dipancarkannya tersebut ke mode Auto.

5. Buka Case HP

Penggunaan case tambahan sebagai pelindung bodi HP terkadang memang bisa mengganggu kualitas sinyal wifi yang diterima oleh HP.

Bisa jadi case tersebut terlalu tebal atau terbuat dari material yang menyebabkan HP tidak bisa menerima sinyal wifi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda lepas saja case tambahan yang digunakan pada HP Xiaomi. Jika memang masih membutuhkan pelindung HP, maka Anda perlu menggantinya dengan case yang tipis dan terbuat dari bahan karet atau silicon.

Itulah tadi beberapa cara memperkuat sinyal wifi di HP Xiaomi yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.