Cara Mengatasi HP Xiaomi Loading Lama Saat Dihidupkan

Cara Mengatasi HP Xiaomi Loading Lama Saat Dihidupkan

Bagi Anda pecinta smartphone android murah, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya HP Xiaomi. Brand smartphone android asal China ini terkenal dengan produk HP-nya yang dibanderol dengan harga murah dan dengan spek gak ngotak. Tidak heran HP dari brand Xiaomi ini banyak diburu oleh kalangan menengah ke bawah.

Meski begitu, tidak jarang pula HP Xiaomi mengalami masalah error yang sering membuat kesal penggunanya. Misalnya saja HP sangat lama loadingnya saat proses booting ketika baru dihidupkan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling penting di sini adalah bagai mana cara mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi HP Xiaomi loading lama saat dihidupkan yang perlu Anda simak dan terapkan nantinya.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Loading Lama saat Dihidupkan

Untuk memperbaiki masalah HP Xiaomi loading lama saat proses booting, bahkan sering mengalami gagal booting, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara ini tentunya sangat mudah dilakukan, bahkan bagi Anda yang masih pemula. Adapun cara mengatasi HP Xiaomi loading lama saat dihidupkan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pastikan Ruang Penyimpanan Tidak Penuh

Ruang memori internal di HP Xiaomi yang penuh bisa menjadi penyebab utama ia lemot saat proses booting. Bahkan bukan saat proses booting saja, HP tersebut juga akan terasa lemot dan berat saat harus menjalankan aplikasi atau game. Untuk itu, pastikan ruang memori di HP Xiaomi masih tersedia.

Jika memang penuh, Anda perlu memindahkan beberapa file yang tersimpan di dalamnya ke memori eksternal. Selain itu, hapus atau uninstall aplikasi yang memang tidak diperlukan. Kalau perlu, uninstall juga aplikasi bawaan yang tidak begitu penting fungsinya.

Dan yang paling penting lagi, lakukan pembersihan file cache atau sampah, serta file tersembunyi di HP android. Untuk cara ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, misalnya saja menggunakan aplikasi CCleaner Mobile.

2. Upgrade Versi OS Android (MIUI)

Menggunakan versi MIUI lama bisa menyebabkan HP Xiaomi lemot dan kurang maksimal kinerjanya. Untuk itu, Anda perlu melakukan upgrade jika memang sudah tersedia versi OS Android atau MIUI terbaru untuk tipe HP Xiaomi tersebut.

Untuk melakukan pembaruan atau upgrade versi OS Android MIUI tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP Xiaomi.
  • Kemudian masuk ke opsi Tentang Telepon.
  • Lalu klik Perbarui pada bagian Versi MIUI yang tersedia.
  • Selanjutnya klik Unduh Pembaruan, dan tunggu proses downloadnya hingga selesai.
  • Jika sudah, selanjutnya klik Mulai Ulang Sekarang.
  • Tunggu prosesnya sampai HP selesai melakukan reboot dan menyala kembali.
  • Selesai.

3. Lakukan Factory Reset HP Xiaomi

Cara lainnya untuk mengatasi HP Xiomi lemot saat booting yakni dengan melakukan factory reset. Bisa dilakukan dengan 2 metode, salah satunya yakni factory reset HP Xiaomi lewat menu Setelan atau Settings. Untuk melakukan factory reset HP Xiaomi tersebut, yakni:

  • Buka menu Settings di HP Xiaomi.
  • Kemudian masuk ke opsi Additional Settings.
  • Lanjutkan dengan pilih Backup and Reset.
  • Lalu pilih Factory Reset, dan klik Reset Phone.
  • Tunggu proses reset selesai dan HP melakukan reboot.
  • Selesai.

4. Lakukan Flashing HP Xiaomi

Dan cara terakhir bisa Anda lakukan untuk memperbaiki HP Xiaomi loading lama yakni dengan melakukan flashing. Menerapkan cara ini tidak hanya akan menghapus semua data dan mengembalikan ke pengaturan awal pabrik, melainkan juga akan memperbarui firmware atau ROM pada HP. Anda bisa mencari dara flashing HP Xiaomi ini di internet.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP Xiaomi loading lama saat dihidupkan yang ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.