Cara Mengatasi Jaringan HP Xiaomi Lemah

Cara Mengatasi Jaringan HP Xiaomi Lemah

Smartphone yang tidak terhubung ke jaringan internet seakan tidak berguna sama sekali. Pasalnya, hampir semua aktivitas di HP android khususnya pasti membutuhkan koneksi internet. Baik untuk menjalankan aplikasi, sistem maupun game, hampir semuanya membutuhkan koneksi internet tersebut. Hal ini semakin membuat kebutuhan akan internet meningkat, bahkan sudah menjadi salah satu kebutuhan paling penting di kehidupan masyarakat modern.

Pada kondisi tertentu terkadang kita menemukan jaringan seluler di HP yang sangat lemah dan lemot saat digunakan mengakses internet. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, di mana cara mengatasinya bisa disesuaikan dengan penyebabnya tersebut. Mengenai cara mengatasi jaringan HP Xiaomi lemah selengkapya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Jaringan HP Xiaomi Lemah

Seperti yang dijelaskan di atas, jaringan di HP Xiaomi yang lemah atau lambat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari jaringan provider yang sedang gangguan, error pada sistem android, salah satting APN, banyak aplikasi yang berjalan, dan lain sebagainya. Adapun cara mengatasi jaringan HP Xiaomi lemah tersebut, yakni:

1. Lakukan Restart HP Xiaomi

Cara yang paling mudah untuk mengatasi jaringan internet di HP Xiaomi yang lemah yakni dengan melakukan restart. Cukup dengan menekan tombol Power beberapa saat, kemudian pilih opsi Restart. Jika sudah, sekarang Anda cek lagi jaringan internet di HP tersebut.

Biasanya dengan melakukan restart memang akan mengatasi berbagai masalah error ringan pada HP, termasuk jaringannya yang lemot.

2. Hidupkan dan Matikan Mode Pesawat

Selain melakukan restart, alternatif lain untuk memperbaiki sinyal di HP Xiaomi yang lemah yakni dengan mengaktifkan atau menghidupkan Mode Pesawat. Caranya dengan swipe layar dari atas ke bawah untuk menampilkan Menu bar. Kemudian ketuk pada menu Mode Pesawat atau AirPlane Mode.

Jika sudah berhasil diaktifkan, sekarang Anda matikan lagi mode tersebut dengan ketuk sekali lagi pada menu Mode Pesawat. Cara ini akan melakukan restart jaringan atau sinyal pada HP, sehingga masalah jaringan lemah akan segera teratasi.

3. Berpindah Lokasi

Penyebab jaringan di HP yang lemah bisa juga disebabkan karena lokasi Anda berada belum tercover jaringan dari provider. Atau bisa juga karena lokasi Anda berada tersebut terhalang oleh gunung, bukit, gedung tinggi atau semacam penghalang lainnya, sehingga HP tidak bisa menangkap sinyal provider dengan baik.

Untuk mengatasinya, Anda bisa berpindah ke lokasi lain untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik dan stabil.

4. Setting Ulang APN

APN bisa diibaratkan sebagai jembatan bagi smartphone untuk mengakses server provider sehingga perangkat HP bisa terhubung ke internet. Setiap kartu SIM dari provider biasanya sudah diberikan settingan APN default. Akan tetapi, terkadang Anda perlu melakukan setting ulang APN tersebut agar mendapatkan kualitas sinyal yang lebih baik.

Untuk melakukan setting ulang APN di HP Xiaomi tersebut, yakni:

  1. Pertama buka menu Setelan di HP Xiaomi.
  2. Pada bagian opsi Wireless & Networks, Anda pilih opsi SIM Card & Mobile Network.
  3. Selanjutnya pilih kartu SIM yang digunakan untuk mengakses internet, baik itu SIM1 atau SIM2.
  4. Kemudian klik opsi Access Point Names pada bagian Mobile Network.
  5. Sekarang Anda klik tombol APN Baru yang ada di bagian bawah tampilan, selanjutnya isi APN sesuai kartu provider yang Anda gunakan. Jika tidak tahu, Anda bisa mencari settingan APN sesuai kartu provider yang Anda gunakan di internet.
  6. Tinggal Anda simpan APN baru tersebut dan gunakan sebagai default.
  7. Selesai.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi jaringan HP Xiaomi lemah yang ampuh dan mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.