Cara Mengatasi Suara Hilang di HP Samsung

Cara Mengatasi Suara Hilang di HP Samsung

Dari beberapa brand smartphone android yang ada saat ini, Samsung bisa dibilang sebagai salah satu brand yang paling terkenal di dunia. HP dari Samsung dikenal dengan kecanggihan, kekuatan dan performa kinerjanya yang mumpuni. Tidak heran kebanyakan seri HP dari Samsung ini dibanderol dengan harga lumayan tinggi. Meski begitu, ada beberapa seri HP Samsung yang dibanderol dengan harga terjangkau, yakni dikhususkan untuk kalangan menengah ke bawah.

Meski demikian, bukan berarti HP dari Samsung tidak pernah mengalami kerusakan atau error. Ada kalanya HP Samsung mengalami error, misalnya saja suaranya yang tidak keluar atau hilang. Lantas, bagaimana cara mengatasi suara hilang di HP Samsung tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Suara Hilang di HP Samsung

Ada beberapa penyebab HP Samsung tidak keluar suara seperti ini, mulai dari kesalahan pengaturan, bug pada sistem android, ataupun kerusakan pada hardware speaker. Apa pun penyebabnya, yang paling penting adalah bagaimana cara memperbaiki masalah error tersebut. Adapun cara mengatasi suara hilang di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pastikan Pengaturan Volume Sudah Benar

Di setiap HP terdapat pengaturan volume atau suara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. HP Samsung yang suaranya hilang, bisa jadi karena Anda mengatur volume HP ke kondisi Mute. Biasanya pengaturan Mute ini akan membuat HP tidak bisa mengeluarkan suara notifikasi, baik itu notifikasi SMS, WhatsApp, panggilan masuk atau yang lainnya.

Sebaiknya Anda lakukan pengecekan apakah pengaturan suara di HP Samsung sudah benar. Untuk caranya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian pilih opsi Suara dan Getar.
  • Ada tiga pilihan di sana, Anda atur ke opsi Suara.
  • Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol Volume Atas untuk memastikan suara di HP sudah keluar atau tidak.
  • Selesai.

2. Lakukan Factory Reset HP Samsung

Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan factory reset pada HP Samsung untuk mengatasi suaranya yang hilang tersebut. Untuk melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir pilih Reset Data Pabrik.
  • Tunggu proses factory reset Samsung hingga selesai.

3. Flashing HP Samsung

Sama seperti cara kedua di atas, cara satu ini bisa Anda lakukan jika HP Samsung tidak mengeluarkan suara diakibatkan oleh adanya bug atau crash pada sistem android. untuk melakukan flashing sendiri, Anda bisa memanfaatkan perangkat PC atau laptop.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan firmware sesuai dengan tipe HP Samsung yang Anda punya. Serta juga software Odin yang berguna untuk melakukan flashing pada HP Samsung. Untuk frimware dan Odin ini sendiri bisa Anda download melalui situs resmi Samsung. https://www.sammobile.com/firmwares/

4. Cek Komponen Speaker

HP Samsung yang tidak keluar suara biasanya memang bukan berkaitan dengan software, melainkan komponen hardwarenya. Lebih tepatnya pada komponen Speaker. Anda perlu melakukan pengecekan pada komponen speaker tersebut dengan melakukan pembongkaran.

Cek apakah ada kabel atau konektor speaker yang terputus atau terbakar. Jika memang iya, maka Anda perlu melakukan penyambungan kembali. Jika masih tetap, berarti Anda perlu mengganti komponen speaker HP Samsung tersebut.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi suara hilang di HP Samsung yang ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.