Cara Mengatasi HP Mencet-mencet Sendiri

Cara Mengatasi HP Mencet-Mencet Sendiri

HP android tersusun dari banyak komponen, yang mana masing-masing komponen memiliki peran penting. Salah satunya adalah baterai yang bisa diibaratkan sebagai nyawa dari HP android.

Baterai bertugas untuk menyalurkan daya listrik ke komponen lain di HP sehingga bisa hidup dan menjalankan perintah sesuai yang diberikan oleh pengguna.

Selain baterai, ada pula LCD atau layar yang berfungsi sebagai sarana untuk menampilkan gambar. Fungsinya sangat penting dalam hal pengoperasian smartphone, karena itulah pengguna akan merasa sangat terganggu jika layar HP tersebut bermasalah.

Misalnya saja layar HP yang bergerak dan mencet sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP mencet-mencet sendiri tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Mencet-mencet Sendiri

HP yang suka mencet dan membuka aplikasi sendiri seperti ini, penyebab utamanya pasti ada pada komponen layar LCD. Selain itu, kemungkinan lainnya dikarenakan komponen lain serta sistem android pada HP. Adapun cara mengatasi HP mencet-mencet sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Istirahatkan HP Beberapa Waktu

Cara yang pertama harus Anda lakukan jika HP mencet-mencet sendiri yakni dengan mengistirahatkan HP. Anda perlu mematikan daya HP terlebih dahulu, dan menaruhnya di area yang terbuka. Namun, jangan menaruh HP di bawah sinar matahari langsung, karena hal ini bisa membuatnya rusak. Biarkan HP selama 1 hingga 2 jam lamanya hingga suhunya normal.

HP yang mencet-mencet seperti ini bisa disebabkan oleh suhu panas dikarenakan Anda mengoperasikannya tanpa henti. Bahkan kondisinya semakin parah jika HP mengalami overheat.

2. Lepaskan Pelindung Layar

Penggunaan screen protektor atau screen guard memang bisa melindungi LCD HP dari risiko tergores, tertimpan benda tajam dan pecah saat terjatuh. Namun, penggunaan pelindung layar abal-abal bisa membuat fungsi layar jadi terganggu. Salah satunya bisa menyebabkan layar bergerak sendiri atau mencet aplikasi sendiri.

Untuk itu, Anda perlu melepas pelindung layar atau anti gores tersebut agar layar LCD berfungsi normal. Jika memang ingin memasang pelindung layar, pastikan Anda memilih yang berkualitas dan sesuai dengan bentuk layar HP Anda.

3. Periksa Baterai HP

Memang ada hubungannya baterai dengan layar HP yang mencet-mencet sendiri? Tentu ada. Sebagai contohnya saat baterai HP kembung, hal ini akan menyebabkan komponen LCD HP menjadi tertekan. Dan tidak menutup kemungkinan hal ini akan menyebabkan layar LCD HP bergerak sendiri dan mencet-mencet.

Hal semacam ini sering terjadi pada HP dengan dukungan baterai non-removable atau baterai tanam. Untuk itu, Anda perlu mengganti baterai HP tersebut dengan baterai baru sesuai tipe HP Anda.

4. Lakukan Factory Reset HP Android

Layar HP yang mencet-mencet sendiri seperti ini bisa dikarenakan adanya bug atau error pada sistem android. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Untuk melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama matikan HP android.
  2. Kemudian hidupkan dengan menekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan sampai muncul tampilan di layar.
  3. Halaman Recovery Mode akan ditampilkan, sekarang Anda pilih Wipe Data / Factory Reset.
  4. Kemudian konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe Data All.
  5. Jika sudah, pilih opsi Reboot System Now.
  6. Selesai.

5. Ganti LCD HP

Layar LCD yang mencet-mencet sendiri bisa terjadi karena adanya kerusakan pada komponen tersebut. Untuk itu, Anda perlu memeriksanya terlebih dahulu dengan melakukan pembongkaran HP.

Jika memang masalah ini tidak bisa diperbaiki, maka Anda perlu mengganti layar LCD HP tersebut.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP mencet-mencet sendiri yang ampuh dan mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.