Genshin Impact

Cara Mengatasi Game Genshin Impact Force Close

Genshin Impact merupakan salah satu game RPG terbaru yang dirilis pada tahun 2020 lalu. Pertama kali diperkenalkan, game berbasis dunia terbuka atau open world ini langsung menyita perhatian banyak gamer.

Terlebih lagi Genshin Impact tidak hanya hadir untuk satu sistem operasi, yakni untuk iOS, Android, Windows, PlayStation 4 & 5dan juga Nintendo Switch. Yang paling menyita perhatian adalah game Genshin Impact versi android.

Size-nya yang lumayan besar mengharuskan player memainkan game Genshin Impact ini di HP dengan spek tinggi.

Jika tidak, maka permainan tersebut tidak akan berjalan lancar, bahkan sering mengalami keluar sendiri atau force close.

Meski demikian, ada trik untuk mengatasi masalah force close tersebut. Mengenai cara mengatasi game Genshin Impact force close selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Game Genshin Impact Force Close

Untuk mengatasi masalah Genshin Impact force close di HP android tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan.

Yang pasti cara-cara ini mudah untuk dilakukan, bahkan bagi Anda yang masih pemula. Adapun cara mengatasi game Genshin Impact force close selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Cache Genshin Impact

Cara yang pertama bisa Anda terapkan untuk mengatasi game Genshin Impact keluar sendiri, yakni dengan menghapus file cache-nya.

File cache atau sampah yang menumpuk terkadang memang bisa menyebabkan game mengalami error, termasuk game force close. Untuk cara menghapus file cache Genshin Impact tersebut, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  3. Cari dan klik game Genshin Impact.
  4. Lalu masuk ke opsi Penyimpanan.
  5. Terakhir klik Hapus Cache.
  6. Selesai.

2. Atur Kualitas Game ke Tingkat Rendah

Game Genshin Impact yang selalu keluar sendiri juga bisa disebabkan karena settingan kualitas grafisnya yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP.

Perangkat HP android dengan dukungan spesifikasi standar dan settingan kualitas grafis Genshin Impact diatur ke tingkat paling tinggi, tentunya ini akan memberatkan kinerja HP. Alhasil game akan keluar dengan sendirinya.

Jika memang dukungan spesifikasi di HP android Anda kurang memadai, sebaiknya atur saja kualitas grafis pada game Genshin Impact ke tingkat paling rendah atau low.

3. Hapus Data Genshin Impact

Jika melakukan kedua cara di atas, tetapi game Genshin Impact masih saja keluar sendiri, maka Anda bisa menerapkan alternatif ketiga ini.

Anda bisa menghapus data dari game Genshin Impact sehingga berbagai masalah bug, error dan corrupt akan teratasi. Untuk cara menghapusnya sendiri, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP.
  2. Masuk ke opsi Aplikasi.
  3. Cari dan klik game Genshin Impact.
  4. Masuk ke opsi Penyimpanan.
  5. Klik tombol Hapus Data.
  6. Selesai.

4. Update atau Install Ulang Genshin Impact

Menggunakan game Genshin Impact versi lama biasanya memang terdapat banyak bug di dalamnya. Masalah compatibility dengan perangkat android juga akan menjadi permasalahan lain yang akan terjadi.

Untuk itu, Anda perlu melakukan update Genshin Impact ke versi terbaru. Pastikan Anda mengupdate-nya langsung dari Google Playstore.

Jika game sudah diupdate, tetapi tetap saja mengalami force close, maka solusinya dengan melakukan uninstall. Tekan dan tahan pada icon game Genshin Impact, kemudian pilih Uninstall atau Hapus Instalasi. Selanjutnya Anda lakukan restart dan install ulang game Genshin Impact lewat Google Playstore.

Sebenarnya masih ada cara lain untuk mengatasi permasalahan satu ini, jika memang ke empat cara di atas tidak berhasil.

Cara lain yang dimaksud yakni dengan melakukan update OS Android, melakukan factory reset, dan juga melakukan flashing HP.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi game Genshin Impact force close yang ampuh dan mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.