Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Mobile Legend

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Mobile Legend

Main game di HP android memang tidak kalah seru dibandingkan game dari konsol lain. Apalagi di android sekarang ini sudah tersedia banyak sekali game seru yang bisa dimainkan, salah satunya adalah Mobile Legend: Bang Bang.

Game satu ini mengusung genre MOBA, di mana pemainnya akan bergabung dengan sebuah tim dan harus mengalahkan tim lainnya.

Game Mobile Legend memang berukuran tidak terlalu besar dan terbilang ringan. Namun, tidak jarang game akan mengalami lag atau patah-patah jika dijalankan di HP dengan dukungan spesifikasi standar atau bahkan rendah.

Akan tetapi, ada trik khusus yang bisa diterapkan agar game Mobile Legend tetap lancar meskipun dimainkan di HP kentang. Berikut ini cara mengatasi HP lag saat main game Mobile Legend selengkapnya bisa Anda terapkan.

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Mobile Legend

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah game Mobile Legend lag atau patah-patah saat dimainkan di HP kentang.

Caranya ini cukup mudah, bahkan bagi Anda yang masih pemula pun bisa melakukannya. Adapun cara mengatasi HP lag saat main game Mobile Legend selengkapnya, sebagai berikut:

1. Gunakan Jaringan Internet yang Cepat dan Stabil

Baik itu menggunakan data seluler atau sambungan wifi, pastikan koneksi internet yang diberikannya cukup cepat dan stabil. Kita tahu game Mobile Legend merupakan game berbasis online, dan player harus terhubung ke server secara real-time selama permainan. Untuk itu, koneksi internet menjadi hal utama yang harus diperhatikan.

Anda perlu menggunakan kartu SIM dari provider yang memiliki sinyal paling cepat dan stabil di lokasi Anda berada. Pastikan kartu SIM tersebut sudah support jaringan 4G tercepat atau di atasnya.

2. Turunkan Tingkat Grafis Game Mobile Legend

Mengatur tingkat grafis pada game Mobile Legend ke tingkat paling tinggi, hal ini akan memberatkan kinerja HP. Jika spesifikasi HP kurang memadai, hal ini justru akan menyebabkan game mengalami masalah error, termasuk game nge-lag.

Untuk itu, Anda perlu menurunkan kualitas grafik game tersebut ke tingkat Mid atau Low. Untuk mengatur kualitas grafis game Mobile Legend ini sendiri, yakni:

  1. Buka game Mobile Legend seperti biasa.
  2. Pada halaman utama game, Anda masuk ke menu Basic Info atau Informasi Dasar.
  3. Lanjut klik pada opsi Pengaturan atau Options.
  4. Di bagian opsi graphics, Anda beri tanda centang pada kotak di opsi Low atau Mid.
  5. Selesai.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Alternatif lain untuk mengatasi HP nge-lag saat main game Mobile Legend yakni dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Lakukan uninstall aplikasi tersebut dengan cara tekan dan tahan ikon aplikasi, kemudian pilih Hapus Instalasi atau Uninstall. 

Anda juga bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan atau bloatware yang ada di HP android. Jika memang tidak bisa dihapus, Anda bisa menonaktifkannya saja.

4. Menggunakan Aplikasi Game Booster

Dan cara yang terakhir untuk mengoptimalkan kinerja HP saat menjalankan game Mobile Legends, yakni dengan menggunakan Game Booster. Di Google Playstore sudah ada banyak pilihan aplikasi Game Booster yang bisa digunakan secara gratis.

Aplikasi semacam ini akan membantu mengoptimalkan kinerja HP dengan cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, membersihkan file sampah dan file tersembunyi di memori, memaksimalkan kinerja prosesor, dan lain sebagainya. Salah satu jenis aplikasi Game Booster terbaik yang bisa Anda gunakan yakni bernama CM GameBooster.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP lag saat main game Mobile Legend yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.