Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Xiaomi

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Xiaomi

Di HP android pengguna bisa menginstall berbagai jenis aplikasi sesuai kebutuhannya, termasuk di HP Xiaomi. Aplikasi-aplikasi ini sendiri bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store.

Selain itu, bisa juga mendownload aplikasi dari situs penyedia aplikasi android lain yang ada di internet. Hampir semua aplikasi bisa didownload dan digunakan secara gratis.

Berbicara mengenai aplikasi android, terkadang aplikasi ini mengalami masalah error. Misalnya saja aplikasi yang keluar sendiri saat dijalankan oleh pengguna.

Masalah error pada aplikasi seperti ini bisa dialami di semua tipe HP, termasuk di HP Xiaomi. Lantas, bagaimana cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di Xiaomi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Xiaomi

Tidak sulit sebenarnya untuk bisa mengatasi aplikasi android yang sering keluar sendiri di HP Xiaomi. Hanya saja, memang belum semua pengguna mengetahuinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di Xiaomi selengkapnya, yakni:

1. Lakukan Restart HP Xiaomi

Cara yang paling mudah untuk mengatasi apliaksi di HP Xiaomi yang keluar sendiri secara tiba-tiba, yakni dengan melakukan restart. Tekan tombol Power agak lama, kemudian pilih Restart atau Mulai Ulang.

Setelah dilakukan restart biasanya masalah error pada aplikasi yang keluar sendiri tersebut akan teratasi.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Jika masih saja aplikasi sering keluar sendiri, Anda bisa mencoba menerapkan cara kedua ini. Anda perlu menghapus file cache atau sampah dan data dari aplikasi yang keluar sendiri secara tiba-tiba tersebut. Untuk menghapus cache pada aplikasi di HP Xiaomi ini sendiri, yakni:

  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi Terinstall.
  3. Cari dan pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya dan terus keluar sendiri tadi.
  4. Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  5. Selanjutnya klik Hapus Cache.
  6. Dan terakhir klik Hapus Data.
  7. Selesai.

3. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Penyebab aplikasi keluar sendiri lainnya yang sering terjadi yakni karena aplikasi tidak diperbarui ke versi terbaru, melainkan tetap pada versi lama. Aplikasi yang tidak diupdate memang sering mengalami bug atau crash, termasuk masalah aplikasi keluar sendiri.

Untuk melakukan update aplikasi android, Anda bisa melakukannya melalui Google Playstore. Cari aplikasi yang ingin diupdate di halaman Google Playstore tersebut, kemudian klik Perbarui atau Update.

4. Upgrade Versi OS Android (MIUI)

Masalah aplikasi yang keluar sendiri di HP Xiaomi bisa juga disebabkan oleh penggunaan OS Android (MIUI) versi lama. Padahal ada pemberitahuan update versi MIUI terbaru, namun Anda tidak melakukan update.

Untuk melakukan upgrade versi Android (MIUI) di HP Xiaomi ini sendiri, yakni:

  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi.
  2. Masuk ke opsi Tentang Telepon.
  3. Klik Perbarui Perangkat Lunak pada bagian Versi MIUI.
  4. Lanjut dengan klik Unduh Pembaruan.
  5. Jika sudah berhasil didownload, selanjutnya klik Mulai Ulang Sekarang.
  6. Tunggu proses pemasangan MIUI versi baru hingga selesai.

5. Lakukan Factory Reset HP Xiaomi

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi aplikasi keluar sendiri di Xiaomi yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini sangat mudah diterapkan dan cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error berat di HP Xiaomi, termasuk aplikasi keluar sendiri. Untuk melakukan factory reset Hp Xiaomi, yakni:

  1. Buka menu Setelan di Xiaomi.
  2. Kemudian masuk ke Setelan Tambahan.
  3. Lanjut dengan klik Cadangkan dan Reset.
  4. Lalu pilih Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.
  5. Kemudian pilih Reset, dan konfirmasi dengan pilih Ya.
  6. Proses reset akan berjalan dan HP melakukan Reboot.
  7. Selesai.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di Xiaomi yang ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.