Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Xiaomi

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Xiaomi

Berbicara mengenai memutar musik di HP, lebih nyaman lagi jika menggunakan headset. Akan tetapi, terkadang HP mengalami error sehingga tidak bisa mendeteksi headset yang disambungkan. Masalah satu ini bisa dialami di semua merek HP, termasuk HP Xiaomi. Lantas, bagaimana cara mengatasi headset tidak terdeteksi Xiaomi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Xiaomi

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi headset yang tidak terdeteksi di HP Xiaomi. Caranya pun sangat mudah dan Anda yang masih awam bisa melakukannya. Adapun cara mengatasi headset tidak terdeteksi Xiaomi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Xiaomi

Cara yang pertama bisa dilakukan yakni dengan melakukan restart HP Xiaomi. Melakukan restart akan membantu memperbaiki berbagai masalah error ringan di smartphone android, termasuk headset yang tidak terbaca di HP Xiaomi.

Selain itu, melakukan restart HP juga akan mempercepat performa HP sehingga lebih responsive dan stabil.

2. Coba Ganti Headset Lain

Jika memang headset tidak bisa terbaca oleh HP android, cobalah untuk menyambungkan headset lainnya ke HP Xiaomi tersebut. Cara ini dilakukan untuk mengetahui mana perangkat yang error atau rusak, apakah headset atau HP Xiaomi.

Jika saat mencoba menyambungkan headset lain ke HP dan terdeteksi, maka bisa dipastikan headset tadi-lah yang bermasalah. Coba cek kabelnya apakah ada yang tertekuk atau bahkan putus. Cek juga pada kepala konektornya, apakah ada sambungan yang terputus. Jika memang tidak bisa diperbaiki, maka Anda perlu membeli headset baru.

3. Cek Port Audio di HP Xiaomi

Selain pada headset, kerusakan juga bisa terjadi pada bagian port audio atau port headset di HP. Cek pada bagian dalam lubang port tersebut, apakah terdapat banyak debu, kotoran atau bahkan bagian jarumnya yang bengkok atau patah.

Untuk membersihkan lubang port headset, Anda bisa menggunakan cotton bud atau tusuk gigi/jarum. Pastikan lubang port tersebut bersih dan tidak ada kerusakan di dalamnya. Jika memang jarum di dalam port bengkok atau patah, maka Anda perlu melakukan perbaikan dengan cara membongkarnya.

4. Lakukan Reset HP Xiaomi

Selain karena masalah hardware, HP yang tidak bisa mendeteksi headset juga bisa disebabkan oleh sistem android yang terdapat bug atau crash. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan factory reset HP Xiaomi tersebut. Untuk cara melakukan factory reset atau hard reset Xiaomi, yakni:

  1. Matikan HP Xiaomi seperti biasa.
  2. Kemudian hidupkan lagi dengan cara Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga muncul tampilan di layar.
  3. Nantinya Anda akan dibawa ke halaman Recovery Mode.
  4. Selanjutnya Anda pilih Wipe Data.
  5. Kemudian pilih Wipe All Data.
  6. Dan terakhir klik Comfirm.
  7. Jika sudah, sekarang Anda pilih Reboot System.
  8. Selesai.

Sekarang Anda coba sambungkan lagi headset ke perangkat HP Xiaomi. Biasanya HP akan bisa mendeteksi lagi headset tersebut dan bisa Anda gunakan untuk memutar musik atau video.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi headset tidak terdeteksi Xiaomi yang ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.