Cara Mengatasi Launcher Sayangnya Telah Berhenti di HP Android

Cara Mengatasi Launcher Sayangnya Telah Berhenti di HP Android

Launcher digunakan untuk mengubah tampilan antarmuka HP agar lebih menarik dan sesuai dengan selera. Sama halnya dengan mengganti tema melalui menu Tema di android, namun dengan penggunaan Launcher Anda bisa dengan mudah melakukan kustomisasi tampilan HP sehingga tampilannya semakin keren.

Akan tetapi, terkadang penggunaan aplikasi launcher di HP android mengalami error yang membuatnya tidak berfungsi maksimal.

Misalnya saja muncul notifikasi “Sayangnya, Launcher Telah Berhenti”. Masalah error seperti ini bisa dialami pada semua merek dan tipe HP, dan yang pasti cara mengatasinya cukup mudah.

Mengenai cara mengatasi Launcher sayangnya telah berhenti di HP android selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Launcher Sayangnya Telah Berhenti di HP Android

Sangat mudah sebenarnya untuk mengatasi aplikasi launcher telah berhenti di android, dan beberapa metode bisa Anda terapkan sesuai kebutuhan.

Bahkan Anda yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk menerapkannya. Adapun cara mengatasi Launcher sayangnya telah berhenti di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Update Aplikasi Launcher ke Versi Terbaru

Cara yang pertama untuk mengatasi sayangnya Launcher telah berhenti yakni degngan melakukan pembaruan atau update.

Penggunaan Launcher versi lama biasanya memang terdapat banyak bug dan error saat digunakan. Dan pada versi terbaru ini biasanya berbagai bug yang ada sudah diperbaiki.

Untuk melakukan update aplikasi Launcher ini sendiri bisa dengan cara:

  1. Buka Google Playstore.
  2. Klik Foto Profil di pojok kanan atas, lalu pilih Kelola Aplikasi & Perangkat.
  3. Masuk ke tab Kelola, dan pilih Update Tersedia.
  4. Cari dan pilih aplikasi Launcher.
  5. Kemudian klik Update atau Perbarui.
  6. Selesai.

2. Hapus Cache Aplikasi Launcher

Sudah melakukan update aplikasi Launcher, namun aplikasi tetap berhenti dan keluar sendiri? Kalau begitu Anda bisa mencoba melakukan penghapusan file cache atau sampai yang tersimpan di aplikasi Launcher. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  1. Buka Pengaturan di HP.
  2. Masuk ke opsi Aplikasi.
  3. Cari dan klik aplikasi Launcher yang Anda gunakan.
  4. Masuk ke Penyimpanan.
  5. Klik tombol Hapus Cache.
  6. Selesai.

3. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Cara lainnya yakni dengan melakukan penghapusan data pada aplikasi Launcher yang error. Bisa jadi di data aplikasi Launcher terdapat bug atau error sehingga perlu dikembalikan ke pengaturan default. Untuk cara menghapus data Launcher tersebut, yakni:

  1. Buka Pengaturan di HP.
  2. Masuk ke opsi Aplikasi.
  3. Cari dan klik aplikasi Launcher yang Anda gunakan.
  4. Klik Paksa Berhenti.
  5. Masuk ke Penyimpanan.
  6. Dan klik Hapus Data.
  7. Selesai.

4. Uninstall Aplikasi Launcher

Alternatif lainnya yakni dengan menghapus aplikasi Launcher yang error tersebut. Caranya dengan Tekan dan Tahan pada icon aplikasi Launcher, kemudian pilih Hapus Instalasi atau Uninstall.

Jika sudah, sekarang lakukan restart HP android seperti biasa. Kemudian Anda lakukan install ulang aplikasi Launcher tadi. Biasanya masalah sayangnya Launcher telah berhenti tidak akan muncul lagi.

5. Lakukan Update OS Android

Launcher yang terus berhenti dan keluar sendiri juga bisa disebabkan karena OS Android yang belum diupdate. Versi OS Android yang digunakan tidak kompatibel dengan Launcher sehingga menyebabkan error seperti ini.

Sebaiknya Anda lakukan pengecekan apakah ada versi android terbaru yang tersedia untuk perangkat HP android. Jika memang ada, maka Anda perlu melakukan update.

Untuk mengeceknya sendiri melalui menu Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Update dan Install.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Launcher sayangnya telah berhenti di HP android yang mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Originally posted 2022-01-12 19:44:17.