reset samsung

3 Cara Mereset HP Samsung 100% Aman dan Working

Andro-POP – Ada beberapa alasan mengapa pengguna Android ingin melakukan reset pada ponsel mereka, tak terkecuali pada pengguna HP Samsung. Biasanya hal ini karena ponsel yang mulai lemot, suka hang tiba-tiba, kena virus atau masalah-masalah lainnya yang menurunkan kinerja ponsel.

Mereset HP sama saja Kamu mengembalikan setelan ponsel ke setelan pabrik. Sehingga tampilan dan sistem di ponsel Kamu akan kembali seperti saat beli baru. Cara ini memang dipercaya dapat mengembalikan peforma ponsel seperti sedia kala. Apalagi untuk ponsel yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat Reset Ponsel Samsung

Proses reset akan membantu ponsel untuk menghapus semua file yang tidak di perlukan seperti file sampah dan juga file bekas aplikasi yang sudah di copot.

Dengan begitu, performa ponsel pintar anda akan kembali seperti sedia kala seperti saat baru membelinya. Di samping itu, reset samsung juga berguna untuk kalian yang mengalami ponselnya terkunci atau lupa pola.

Untuk kalian yang ingin mereset HP Samsung dengan cara yang mudah dan aman, Kamu bisa mengikuti beberapa cara yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Sebelum memulai reset, pastikan semua data-data di ponsel Kamu sudah ter-back up. Karena proses reset akan menghapus semua data termasuk kontak, file, foto, musik dan aplikasi yang ada pada memori internal ponsel Samsung Kamu.

3 Cara Reset Hp Samsung Agar Seperti Baru Lagi

1. Menggunakan Menu Setting di Android

Cara ini bisa Kamu lakukan jika ponsel masih menyala atau bukan dalam keadaan mati total. Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

Menu Setting di Android

  • Pertama masuk ke menu setting atau pengaturan di ponsel Samsung Kamu
  • Gulirkan layar ke bawah dan cari opsi “Backup and reset
  • Selanjutnya pilih opsi “Factory data reset” dan kemudian pilih “Reset device” untuk mulai melakukan reset.
  • Tunggu hingga proses reset selesai dalam beberapa menit. Lamanya proses ini tergantung dari banyaknya data di sistem ponsel mu.
  • Jika proses reset selesai dan berhasil, biasanya ponsel akan melakukan restart secara otomatis.

2. Melalui Android System Recovery

Cara ini bisa Kamu gunakan jika ponsel Samsung mengalami hank, mati total atau tidak bisa dihidupkan (bootloop). Karena cara ini dilakukan dengan menggunakan tombol-tombol pada ponsel Samsung atau yang biasa disebut Hard Reset.

Android System Recovery

Berikut caranya:

  • Sebelum memulai, pastikan baterai Kamu terisi daya baterai paling tidak 50%. Jika Kamu tidak yakin, bisa lakukan charging terlebih dahulu. Tujuannya agar proses reset berjalan lancar.
  • Jika sudah, matikan ponsel dan tekan tombol “Volume Up + Home + Power” secara bersamaan dalam beberapa detik. Apabila berhasil, maka Kamu akan dibawa pada menu Android system recovery.
  • Pilih opsi “Wipe data/ Factory reset” dengan menggunakan tombol Volume Up.
  • Selanjutnya tekan tombol Home dan proses reset akan berjalan. Tunggu beberapa saat hingga muncul menu “Reboot system now”.
  • Selesai. Jika berhasil, ponsel Samsung Kamu akan melakukan reboot dan tampilan ponsel Kamu akan jadi seperti baru lagi.

3. Menggunakan Kode Rahasia Android

Mungkin belum banyak yang mengetahui cara mereset ponsel Samsung dengan kode rahasia Android. Padahal sebenarnya cara ini sangat praktis loh untuk mereset ponsel Kamu.

Kode Rahasia Android

Caranya sangat mudah, masuk ke tampilan dial up pada ponsel dan masukkan kode “*2767*3855#” (tanpa tanda petik). Nantinya Kamu akan dibawa ke fungsi Factory reset. Ikuti perintah didalamnya dan ponsel Kamu akan melakukan reset dengan otomatis.

Baca juga : One Click Unbrick: Solusi Bagi Hp Samsung yang Mati Total atau Hardbrick!

Nah, itulah 3 cara yang bisa Kamu ikuti untuk melakukan reset pada ponsel Samsung. Tidak perlu khawatir karena ketiga cara tersebut sangat aman untuk dilakukan dan tidak membuat ponsel bootloop atau sampai matot. Reset HP sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin ponselnya jadi layaknya seperti baru lagi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *