Cara Hard Reset Xiaomi Lupa Pola (All Tipe) Mudah dan Aman

Andro-POP – Xiaomi merupakan ponsel asal Tiongkok yang kini menjadi salah satu smartphone populer di Indonesia. Ini karena Xiaomi memiliki harga yang sangat terjangkau namun dengan spesifikasi mumpuni.

Apalagi produsen Xiaomi sengaja mengedepankan promosi melalui media online ketimbang offline. Sehingga pemasarannya pun cenderung sangat pesat.

Akan tetapi, meskipun Xiaomi memiliki fitur-fitur yang canggih, beberapa pengguna Xiaomi juga sering mengalami masalah pada software-nya maupun lupa akun Mi Cloud.

Salah satu penyebab pengguna melakukan reset adalah karena mereka sering lupa pola kunci yang mereka gunakan pada ponsel pintarnya. Sehingga memungkinkan pengguna Xiaomi untuk melakukan factory reset.

Factory reset yang tidak dilakukan dengan cara yang benar bisa membahayakan software pada ponsel. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini Kami akan membagikan informasi tentang cara melakukan hard reset pada ponsel Xiaomi semua tipe dengan benar.

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 4, 4 Prime, 4X dan 4A

Sebelum melakukan hard reset, pastikan ponsel Kamu memiliki daya baterai yang cukup, paling tidak ada sekitar 50% agar hard reset berlangsung dengan lancar. Untuk melakukan hard reset, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, matikan terlebih dahulu perangkat ponsel Xiaomi Kamu. Cara ini juga bisa dilakukan pada ponsel yang memang mengalami mati dan tidak bisa dinyalakan. Biasanya karena serangan virus yang membuat ponsel mati total secara tiba-tiba.
  2. Jika ponsel sudah dalam keadaan mati, lanjutkan masuk ke menu Recovery Xiaomi dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan dalam beberapa detik. Setelah itu akan muncul logo Xiaomi – Mi Recovery.
  3. Selanjutnya akan muncul opsi pilihan bahasa, pilih bahasa inggris karena tidak ada pilihan bahasa Indonesia.
  4. Kemudian pilih Wipe Data / Factory Reset, lalu pilih Wipe All Data. Kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi dengan mengetuk “Yes”Wipe All Data Xiaomi
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses Hard Reset ponsel Xiaomi berjalan. Biasanya jika ponsel sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama, hard reset akan berlangsung lebih lama.
  6. Jika ponsel Xiaomi sudah selesai hard reset, ponsel akan melakukan reboot otomatis.
  7. Selesai.

Peringatan! Hard Reset ponsel Xiaomi berarti menghapus semua data-data yang ada di memori internal ponsel mulai dari file foto, musik, aplikasi dan file-file lainya. Sehingga pastikan sudah melakukan back up data sebelum melakukan hard reset.

Apa sih fungsi dari melakukan hard reset ponsel Xiaomi?

Ada beberapa keuntungan yang bisa Kamu dapatkan dengan melakukan hard reset pada smartphone kesayanganmu, diantaranya:

  • Menghapus segala macam virus dan malware yang diam-diam membuat peforma ponsel Kamu menurun. Virus biasanya mengendap akibat ponsel sering melakukan browsing di internet ataupun mengunduh aplikasi yang tidak aman.
  • Mengembalikan peforma ponsel karena semua pengaturan dikembalikan seperti setelan pabrik. Semua file sampah akan dihapus hingga ke akar-akarnya sehingga kinerja ponsel Kamu akan jadi lebih ringan.
  • Mengembalikan ruang memori internal, apalagi untuk ponsel Xiaomi yang memiliki keterbatasan memori internal, sehingga hard reset ini bisa jadi solusi jitu untuk mengosongkan memori internal.
  • Hard reset juga berguna untuk menghapus file-file yang tidak penting, termasuk aplikasi yang sebenarnya tidak sering digunakan.

Nah, itulah cara melakukan hard reset pada ponsel Xiaomi semua tipe tanpa PC. Kamu bisa manfaatkan cara ini untuk mengatasi ponsel Xiaomi yang hang, eror, tiba-tiba mati, yang berbahasa cina atau hanya sekedar ingin mengembalikan ponsel ke setelan pabrik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.