Cara Mengatasi Hp Vivo Mentok di Logo

Sebab dan Cara Mengatasi Hp Vivo Mentok di Logo

Masalah hp Vivo error mentok di logo tidak jarang dialami oleh pengguna merk hp android ini. Sebenarnya, masalah ini juga tidak hanya dialami oleh pengguna Vivo saja.

Pengguna hp dengan merk lainnya juga kerap mengalami masalah demikian. Simak ulasan mengenai sebab dan cara mengatasi hp Vivo mentok di logo ini:

Tentang Hp Bootloop

Singkatnya, permasalahan hp Vivo mentok di logo bernama bootloop. Ini merupakan proses booting atau proses memuat yang gagal masuk ke sistem.

Sayangnya, proses loading yang lama dan mentok di logo membuat pengguna tidak bisa masuk ke sistem hp android. Alhasil, tampilan akan terus mentok di logo dan hp tidak bisa nyala.

Banyak pengguna yang panik saat menjumpai masalah demikian. Padahal sebenarnya masalah ini bisa diatasi secara mandiri dengan mudah dan praktis.

Penanganan dari tenaga ahli servis hp tentu diperlukan, namun sebaiknya gunakan cara mengatasi hp Vivo mentok di logo yang akan diulas di sini terlebih dahulu.

Sebab Hp Vivo Mentok di Logo

Proses memuat yang gagal bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa sebab tersebut antara lain adalah aktivitas pengguna terakhir di hp.

Untuk mengetahui sebab mana yang membuat hp Vivo pembaca error sebaiknya periksa kembali aktivitas terakhir dengan hp serta daftar sebab hp Vivo mentok di logo ini.

Berikut ulasannya:

  • Gagal flash. Hal pertama yang seringkali menyebabkan hp Vivo bootloop ialah gagal flashing. Penggantian stock ROM yang tidak sesuai membuat hp mengalami bootloop.
  • Data backup corrupt. Jika saat melakukan reset data pemulihan sudah hilang atau rusak, hp tidak bisa masuk ke sistem android dan nyala.
  • Masalah pada sistem android. Beberapa masalah seperti infeksi virus, pemasangan aplikasi MOD, hingga masalah lainnya dari dalam sistem android dapat menyebabkan hp Vivo mentok di logo.
Simak juga 👉  Cara Login WA via WhatsApp Web Login Tanpa Scan Barcode

Cara Mengatasi Hp Vivo Tidak Bisa Nyala Mentok di Logo

Ulasan cara berikut ini akan dibahas dari cara yang paling mudah. Pastikan untuk memperhatikannya dengan baik dan mengikuti langkah demi langkahnya. Berikut cara mengatasi hp Vivo mentok di logo:

1. Istirahatkan Hp

Cara termudah untuk mengatasi masalah bootloop ialah dengan mengistirahatkan hp sejenak. Mungkin terdengar cukup sederhana, namun pastikan pembaca mengikuti langkah-langkah berikut dengan benar:

  • Matikan hp dengan menekan tombol daya hp Vivo.
  • Lanjutkan dengan melepas semua komponen eksternal hp.
  • Mulai dengan melepaskan baterai hp Vivo. Untuk melakukan langkah ini, pastikan pembaca menggunakan hp Vivo dengan tipe baterai.
  • Berikutnya lanjutkan dengan melepaskan kartu SIM dan memori.
  • Jika sudah terlepas semua, simpan dan jangan sampai komponen yang dilepaskan hilang.
  • Diamkan hp selama 6 jam.
  • Usai 6 jam, pasang kembali semua komponen seperti semula dan nyalakan kembali hp.

2. Hapus Cache

Kedua, pembaca juga bisa mengatasi masalah ini dengan menghapus cache. Namun untuk melakukan cara ini pastikan hp pembaca masih bisa digunakan untuk mengakses menu Recovery Android.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Matikan hp Vivo dengan menekan tombol daya.
  • Jika sudah mati, tekan tombol volume atas dan tombol daya bersamaan. Tahan selama beberapa detik hingga pembaca berhasil masuk ke menu Recovery Android.
  • Selanjutnya, masuk ke bagian Wipe Data dan pilih opsi Wipe Cache Partition.
  • Berikan konfirmasi dengan memilih opsi Yes.
  • Jika sudah, pilih opsi Reboot.

3. Reset

Jika kedua cara di atas tidak dapat mengatasi hp Vivo bootloop pembaca, maka sebaiknya pembaca melakukan reset.

Ini merupakan cara untuk mengembalikan kondisi hp ke semula seperti saat masih baru. Pembaca dapat melakukan reset dari menu yang sama seperti di cara kedua atau membawa hp ke gerai servis resmi.

Simak juga 👉  Cara Menghilangkan Iklan di Android 100% Work Tanpa Root

Demikian ulasan mengenai sebab dan cara mengatasi hp Vivo mentok di logo. Pastikan untuk tidak mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak diketahui untuk mencegah hp pembaca mengalami bootloop.