27. cara mengatasi batas maksimum ukuran file terlampaui google form

4 Cara Mengatasi Batas Maksimum File Terlampaui Google Form

Cara mengatasi batas maksimum ukuran file terlampaui google form – Tak jarang jika terjadi kegagalan upload pada Google Form. Salah satu penyebab gagalnya upload file ialah ukuran file yang tidak sesuai karena terlalu besar. Oleh karena itu berikut ini akan dibahas berbagai cara mengatasi batas maksimum ukuran file terlampaui Google Form.

Beberapa Penyebab File Gagal Upload

Ketika file mengalami gagal upload, ada beberapa penyebabnya diantaranya format file tidak sesuai dengan yang diminta. Kemudian file mengalami corrupt atau rusak, bisa juga karena jaringan internet yang kurang stabil. Penyebab lainnya ialah ukuran file yang terlalu besar.

Cara Mengatasi File yang Melebihi Limit

Besarnya ukuran file ini kadang tidak disadari oleh pengisi formulir. Selain itu bisa juga karena dalam formulir tidak disertakan atau diperlihatkan mengenai syarat maksimal ukuran file-nya. Jika demikian, berikut ada beberapa cara mengatasi batas maksimum ukuran file terlampaui Google Form, diantaranya:

1. Memperkecil Ukuran File

Ketika upload file dengan ukuran yang terlalu besar dan melebihi syarat dari formulirnya maka akan muncul informasi peringatan. Biasanya berupa tulisan batas maksimum file terlampaui (maximum file size exceeded). Sebenarnya batas maksimal ukuran file pada Google Form adalah 10 GB.

Walaupun maksimal ukuran file-nya demikian, namun Google Form menawarkan berbagai pilihan batas maksimal untuk file upload-nya. Saat ini pilihan ukuran tersebut antara lain 1 MB, 10 MB, dan 100 MB, juga 10 GB.

Informasi mengenai limit ukuran file biasanya akan disertakan pula pada formulir. Sehingga jika ukuran file-nya terlalu besar, maka usahakan perkecil file-nya sebelum meng-upload file tersebut.

Namun apabila informasi ukuran file tidak disertakan. Maka cobalah untuk mengatur ulang ukuran file sesuai dengan opsi limit file yang ditawarkan oleh Google Form seperti di atas. Masukkan pula file ke dalam format rar atau zip sehingga ukurannya dapat mengecil.

Simak juga 👉  Cara Edit Foto Orang Menjadi Kecil (Foto Orang Mini) di Android

2. Menghubungi Pembuat Formulir

Ketika membuat formulir menggunakan Google Form, maka pembuat formulir akan mengatur mengenai ukuran maksimal file yang dapat di-upload. Sehingga selain cara di atas, cara mengatasi batas maksimum file terlampaui Google Form adalah dengan menghubungi pembuat formulirnya.

Tanyakan langsung kepada pembuatnya, ukuran berapa yang dipilih apakah 1 MB, atau 10 MB dsb. Apabila file yang akan di-upload berukuran besar. Maka cobalah meminta pembuat formulir supaya merubah limit ukuran file-nya menjadi opsi yang terbesar.

Namun jika ternyata pembuat formulir sudah mengatur pada batas maksimal 10 GB. Maka mau tidak mau file tetap harus diperkecil ukurannya.

3. Diatur Menjadi Upload Beberapa File

Cara mengatasi upload ukuran file yang terlalu besar lainnya adalah dengan mengatur formulir menjadi format yang dapat meng-upload beberapa file. Sehingga ketika harus upload 1 file ukuran besar, dengan cara ini file tersebut dapat dipecah menjadi beberapa file ukuran kecil.

4. Menggunakan Link Google Drive

Sebenarnya Google Form difungsikan untuk keperluan administrasi survei secara online. Selain data yang dikumpulkan kadang pula diminta untuk menyertakan file seperti dokumen, foto, dll. Tetapi ada juga yang menggunakan Google Form untuk melampirkan video seperti keperluan tugas sekolah.

Foto maupun video kadang memiliki ukuran file yang besar. Sehingga ketika di-upload akan melebihi ukuran yang ditentukan. Hal ini dapat diatasi menggunakan Google Drive. Pada form upload file diatur menjadi format tulisan, kemudian mengisi form diminta menuliskan link tautan file-nya.

Sehingga pengisi cukup meng-upload file yang berukuran besar ke Google Drive. Kemudian link tautan file tersebut diisikan ke formulirnya.

Simak juga 👉  Cara Hapus dan Blokir Kontak BBM Android

Demikianlah ulasan mengenai berbagai cara mengatasi batas maksimum file terlampaui Google Form yang dapat dicoba. Dengan mengetahui penyebab dan cara penyelesaiannya maka masalah ini dapat dihindari. Jangan lupa cermati pula berbagai ketentuan yang harus dipenuhi.