Cara Upgrade Kartu 3 ke 4G Tanpa Gagal dan Tanpa Ganti Nomor

Andro-POP – Jaringan 2G dan 3G memang saat ini sudah mulai di tinggalkan dan berganti ke jaringan 4G, termasuk pada kartu 3. Kecepatan data pada jaringan 4G juga jauh lebih bagus dan stabil daripada jaringan 3G, apalagi 2G.

Beberapa orang mengaku masih kesulitan dan sering gagal untuk melakukan upgrade kartu 3 ke 4G. Sebenarnya untuk melakukan upgrade Anda tidak perlu repot-repot mendatangi gerai operator 3.

Anda bisa melakukannya sendiri dengan biaya yang lebih murah. Selain itu, anda juga bisa lebih paham bagaimana langkah-langkah untuk upgrade kartu tri sehingga teman di sekitar anda bisa anda bantu untuk melakukan upgrade di kartu mereka.

Sebelum memulai melakukan upgrade, Anda perlu menyiapkan beberapa komponen yang di butuhkan berikut ini:

  • Kartu upgrade 3 yang bisa Anda dapatkan dari konter maupun membeli secara online dengan harga kisaran mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 10.000.
  • Kartu 3 lama Anda yang masih memiliki jaringan 3G
  • Smartphone

Jika semua komponen diatas sudah disediakan, Anda bisa mengikuti tahapan berikut ini untuk melakukan upgrade kartu 3 ke jaringan 4G:

Cara Upgrade Kartu 3 ke 4G Tanpa Gagal dan Tanpa Ganti Nomor

1. Aktifkan nomor 3 lama Anda di smartphone yang sudah di sediakan.

2. Lanjutkan mengirim pesan dengan format SIM (spasi) nomor ccid.

Misalnya: SIM 89628931117779088645, kirim ke 123

Dimana mendapatkan nomot ccid? Anda bisa melihatnya di bawah barcode kartu upgrade tri yang sudah Anda beli. Nomor tersebut diawali dengan 896.

nomot ccid kartu tri

3. Setelah Anda mengirimkan pesan tersebut, akan muncul balasan dari 765 secara otomatis sebagai konfirmasi untuk meyakinkan bahwa Anda akan melakukan upgrade dari jaringan 3G ke jaringan 4G. Balas dengan “Ok”.

Akan muncul SMS lagi dari 765 yang kira-kira berisi keterangan bahwa kartu SIM yang lama akan di non-aktifkan dan meminta Anda untuk memasukan kartu SIM 4G yang sudah didaftarkan tadi.

Catat dan ingat baik-baik kode rahasia yang tercantum untuk mengaktivasi kartu upgrade nantinya.

4. Lanjutkan dengan mengaktifkan nomor upgrade yang tadi. Secara otomatis akan masuk pesan dari 765 yang meminta Anda untuk mengirimkan kode rahasia yang sebelumnya sudah diterima di kartu SIM yang lama.

Format pesannya seperti ini: CODE (spasi) Kode rahasia.

5. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa nomor Anda sudah berubah dari jaringan 3G ke 4G.

Jika Anda melakukan step by step diatas dengan benar, maka kartu SIM 3 Anda yang lama nantinya tidak akan ada sinyalnya.

Sementara untuk kartu Tri upgrade yang baru sudah memiliki sinyal. Hal ini berarti proses upgrade jaringan kartu Anda sudah berhasil tanpa perlu ganti nomor lain.

Dengan begitu anda tidak perlu meminta bantuan orang lain seperti misalnya ke alfamart atau harus datang langsung ke gerai kartu tri di kota anda.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Tanpa harus datang ke gerai operator 3 Anda bisa melakukan upgrade jaringan sendiri dirumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *