137. cara mengganti resi otomatis ke manual di tokopedia

Cara Mengganti Resi Otomatis ke Manual di Tokopedia dan Manfaatnya

Ternyata cara mengganti resi otomatis ke manual di Tokopedia memang sering dicari oleh banyak orang. Alasannya, karena sering terjadi kesalahan penulisan resi otomatis pada aplikasi Tokopedia. Akibatnya, para konsumen Tokopedia tidak bisa mengecek keberadaan barangnya.

Resi otomatis memang telah diaktifkan oleh pihak Tokopedia pada beberapa jasa pengiriman yang telah menjalin kerjasama. Tujuannya agar para penjual di Tokopedia tidak perlu kerepotan merekap dan menuliskan resi secara satu per satu. Berikut cara mengganti resi otomatis ke manual pada aplikasi Tokopedia:

Manfaat Penggunaan Resi Otomatis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, resi otomatis biasanya diaktifkan oleh beberapa jasa pengiriman. Beberapa manfaat penggunaan resi otomatis meliputi:

1. Tidak Menulis Secara Manual

Manfaat pertama yang dirasakan oleh penjual yaitu tidak menulis resi secara manual. Dengan begitu, minim terjadi kesalahan dalam penulisan nama dan alamat pembeli.

Sehingga, barang yang dibeli akan cepat diproses oleh para penjual. Penggunaan resi otomatis pada Tokopedia juga akan menghemat waktu.

2. Tidak Perlu Menginput Resi

Manfaat kedua dalam penggunaan resi otomatis adalah tidak adanya penginputan resi pada aplikasi Tokopedia. Ketika seorang pembeli melakukan pembayaran, maka pihak Tokopedia yang akan menginput nomor resi pada barang yang dijual secara otomatis. Dengan adanya manfaat ini, maka kesalahan penginputan resi tidak akan terjadi.

3. Tidak Membayar Ongkos Kepada Jasa Kurir

Biasanya, pembayaran ongkos kirim dilakukan di awal ketika barang akan dikirim. Penjual akan membayar terlebih dahulu tanggungan ongkos kirim pembeli kepada jasa pengiriman, kemudian akan diganti oleh pihak aplikasi Tokopedia. Penggantian biaya ini akan dilakukan ketika barang tersebut telah sampai pada pembeli.

Namun apabila penjual menggunakan resi otomatis, penjual tidak perlu membayar jasa kurir di awal. Pihak Tokopedia yang akan membayar langsung tanggungan ongkos kirim pembeli kepada jasa pengiriman.

Simak juga 👉  Aplikasi TV Lengkap (Lokal+Luar Negeri) Untuk Android Gratis

4. Tambahan Cashback

Ketika penjual mengaktifkan resi otomatis, maka tambahan cashback bisa didapatkan melalui jasa pengiriman yang digunakan. Tentu tambahan cashback ini bisa diklaim apabila penjual telah mencapai minimal batas pengiriman yang telah ditentukan oleh jasa kirim. Adapun cashback yang didapatkan tiap jasa pengiriman barang tentu berbeda satu sama lain.

5. Barang Dikirim Tepat Waktu

Manfaat terakhir yang dapat dirasakan oleh penjual dalam mengaktifkan resi otomatis yaitu barang yang telah diproses akan dikirim secara tepat waktu. Hal ini dikarenakan adanya jadwal penjemputan barang pada hari tertentu yang sudah disepakati oleh kedua pihak.

Sehingga penjual tidak perlu kerepotan untuk mendatangi jasa pengiriman barang setiap waktu. Dengan menggunakan resi otomatis, maka kurir akan segera mengirim barang yang telah diinput ke alamat pembeli.

Begini Cara Mengubah Resi Otomatis ke Manual

Sebelum mengetahui cara mengganti resi otomatis ke manual di Tokopedia, sebaiknya pahami dulu peraturannya. Hanya akun penjual yang dapat mengubah resi otomatis ke manual. Jika sudah memenuhi peraturan tersebut, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Tokopedia pada ponsel terlebih dahulu.
  2. Lalu masuk pada akun Tokopedia yang telah dimiliki.
  3. Kemudian pilih menu “Tokopedia Seller”.
  4. Selanjutnya pilih barang yang akan diubah nomor resinya.
  5. Selanjutnya, geser menu ke arah bawah.
  6. Pilih kolom “Nomor Resi”.
  7. Kemudian pilih “Ubah Resi”.
  8. Masukkan nomor resi yang baru pada kolom tersebut.

Walaupun penggunaan resi otomatis banyak manfaatnya, tentu kesalahan penginputan nomor resi juga bisa terjadi. Maka dari itu, seller harus memahami cara mengganti resi otomatis ke manual di Tokopedia tidak kebingungan apabila hal tersebut terjadi. Semoga pembahasan di atas dapat membantu para penjual dalam mengganti nomor resi.

Simak juga 👉  10 Aplikasi Kamera Terbaik dan Bersih Untuk Android