Smartwatch Tidak Bisa Nyala

Bingung Kenapa Smartwatch Tidak Bisa Nyala? Ini Solusinya!

Jam pintar atau smartwatch saat ini makin marak digunakan sebab dibekali dengan banyak fitur canggih untuk dimanfaatkan. Namun di beberapa kasus ada smartwatch yang sering mengalami kerusakan. Banyak yang bertanya sebenarnya kenapa smartwatch tidak bisa nyala atau bahkan mati total.

Penyebab matinya smartwatch ada berbagai macam, tetapi umumnya hal ini disebabkan karena ada kesalahan dalam pengisian daya. Dari penyebab-penyebab yang mungkin terjadi tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi menyalakan kembali Smartwatch.

Cara Mengatasi Smartwatch Tidak Bisa Nyala

Berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Perbaiki Adaptor Charger

Adaptor adalah salah satu elemen yang berperan amat penting dalam setiap barang elektronik untuk pusat pengisian daya. Namun setiap barang elektronik memiliki kebutuhan adaptor yang berbeda-beda. Bahkan ada yang mengeluarkan adaptor khusus untuk suatu merek elektronik.

Misalnya smartwatch yang dikeluarkan oleh Apple iWatch membutuhkan adaptor dengan daya 5W-12W. Maka dari itu gunakanlah adaptor yang sesuai agar pengisian daya pada smartwatch dapat optimal. Jangan ragu untuk segera mengganti adaptor bila ditemukan masalah atau ketidakcocokan.

2. Periksa Kabel Data

Bila adaptor sudah dilakukan pergantian namun masih belum berhasil menghidupkan smartwatch. Maka bisa dicurigai ada kerusakan pada kabel data yang dilakukan untuk melakukan pengisian. Pemeriksaan kabel data sering kali tak dihiraukan oleh pengguna padahal hal ini juga sama pentingnya.

Terlebih bila pengguna kerap menyimpan kabel data pada sembarang tempat atau melipatnya. Dengan begitu kabel data akan rawan rusak atau bahkan terputus. Faktor kebersihan juga amat penting untuk memastikan kabel data dapat digunakan dengan baik.

3. Restart Smartwatch

Terkadang kenapa smartwatch tidak bisa nyala juga bisa dikarenakan adanya error pada sistem smartwatch itu sendiri. Akibatnya pengisian daya tidak dapat terdeteksi dan masuk dengan baik. Oleh sebab itu pengguna bisa memulai ulang smartwatch untuk mengantisipasi adanya kesalahan.

Simak juga 👉  6 Tips Cara Mempercepat Cas Baterai di Android (No Root & Root)

Di iWatch restart dilakukan dengan cara menekan digital crown dan tombol samping bersamaan selama 10 sekon sampai keluar logo Apple. Tetapi restart di smartwatch lain dapat dilakukan dengan menekan tombol power pada pengaturan. Setelah melakukan restart lakukan lagi pengisian daya

4. Ganti Baterai Smartwatch

Bila cara-cara di atas belum bisa dijadikan solusi maka besar kemungkinan bahwa smartwatch mengalami kerusakan pada baterai. Atau bisa jadi baterai smartwatch mengalami penurunan fungsi. Masalah ini disebabkan oleh beberapa hal menyangkut lama pemakaian, benturan, atau baterai sering kosong.

Mengganti baterai adalah cara terbaik untuk mengatasi permasalahan dalam hal ini. Datangi gerai resmi smartwatch terdekat untuk membeli baterai yang asli agar tidak terjadi kerusakan lagi di kemudian hari. Namun bila masa garansi masih berlaku pengguna juga bisa klaim garansi.

5. Kunjungi Gerai Resmi Smartwatch

Pengguna bisa langsung bertanya dan melakukan perbaikan smartwatch ke gerai resminya. Sistem dan mesin smartwatch tidak bisa diperbaiki oleh sembarang orang jadi pastikan untuk memperbaikinya ke tempat terpercaya. Dengan bantuan tenaga ahli, smartwatch yang tak bisa menyala dapat kembali normal.

Tetapi bila gerai resmi smartwatch terlampau jauh, pengguna bisa melakukan perbaikan ke tempat terpercaya yang memiliki lisensi. Biasanya tempat-tempat semacam ini akan diinformasikan oleh pihak smartwatch secara resmi. Pengguna juga bisa menanyakan hal ini melalui call center merek smartwatch.

Smartwatch perlu perawatan khusus dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Beberapa komponen smartwatch memang rentan kerusakan, tak heran kenapa smartwatch tidak bisa nyala atau bahkan mati total. Walau begitu pengguna tetap bisa melakukan cara-cara di atas untuk menghidupkan kembali smartwatch.