5 Cara Ampuh Mengatasi Touchscreen Error di Android

Mengatasi Touchscreen Error di Android

Andro-POP – Hampir semua smartphone Android saat ini menggunakan touchscreen atau layar sentuh. Smartphone Android sendiri tidak lepas dari masalah, salah satunya yaitu touchscreen. Maka dari itu, ada 5 tips mengatasi layar sentuh tidak berfungsi yang bisa Anda gunakan.

5 Tips & Trik Mengatasi Android Touchscreen Tidak Berfungsi

1. Tekena Air

Apabila layar ponsel tidak berfungsi karena terkena air, maka bongkar seluruh ponsel dengan sangat hati-hati. Jika ingin lebih aman, sebaiknya melihat buku panduan untuk membongkarnya. Ponsel yang sudah di bongkar, selanjutnya bagian ponsel masukkan ke dalam beras. Caranya dengan di pendam di dalam butiran-butiran beras, dengan kurun waktu selama 1-2 hari.

Jika sudah hari ke dua, angkat dan bersihkan bagian ponsel secara menyeluruh. Berdasarkan survei, hampir 95% cara ini bisa diandalkan. Beras memiliki kemampuan untuk menyerap partikel-partikel air, sehingga air yang berada di bagian ponsel akan di serap oleh beras.

2. Terbanting

Jika ponsel Anda jatuh atau terbanting cukup keras. Pertama yang Anda harus lakukan adalah memeriksa keseluruhan ponsel dengan membongkarnya, agar tahu manakah bagian yang rusak.
Jika ada bagian yang rusak, bersihkan dengan penghapus jika sudah tutup kembali dan nyalakan jika sudah.

Setelah itu, masuk ke bagian pengaturan, pilih kalibrasi atau calibiration. Pasti ada, jika Anda kurang mengerti atau ponsel dalam keadaan rusak parah, maka disarankan untuk pergi kepada ahlinya agar di perbaiki.

3. RAM

Terjadi masalah pada touchscreen Android, jangan panik dulu. Belum tentu itu masalah dari hardware-nya. Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada touchscreen Android, cara pertama wajib untuk memeriksa penggunaan RAM pada Android Anda.

Saat disentuh, layar ponsel tidak merespon, bisa jadi itu karena Android sedang mengalami lag atau lemot. Hal ini karena, smartphone Android merupakan salah satu platform yang cukup memakan ruang pada RAM.

RAM Android tidak terlalu besar? Periksa terlebih dahulu aplikasi yang ada di dalam Android Anda. Jika aplikasi-aplikasi dirasa sudah memenuhi ruang pada RAM, disarankan untuk segera menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Hal inilah yang bisa membuat touchscreen Android Anda mengalami lag.

4. Charger

Setiap smartphone sudah memiliki charger bawaan dengan kapasitas watt yang sudah disesuaikan dengan ponsel Android tersebut. Nah, jika tiba-tiba ponsel tidak bisa bergerak di layarnya itu bisa jadi karena memakai charger yang tidak sesuai dengan aliran listriknya atau watt nya.

Ketika mengisi ulang baterai smarphone Anda terjadi masalah pada layar sentuh Android Anda, itu bisa dikarenakan adanya masalah pada sistem atau harddwarenya. Pasti karena masalah charger yang Ada gunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel Android.

Permasalahan ini sangat umum terjadi, pasalnya secara sadar atau tidak sadar suka sembarangan memakai chager untuk mengisi ulang baterai, apalagi kalau dalam posisi sudah terdesak dan tidak membawa charger pada saat bermain.

Diharapkan, jangan pernah sembarangan memakai charger. Biasanya, ada beberapa smartphone Android yang tidak memungkinkan ketika mengisi daya baterai dengan menggunakan charger jenis Android yang berbeda.

5. Aplikasi MultiTouch Tester

Jika merasa touchscreen Android error atau bermasalah, bisa jadi, karena multi-touch. Jika touchscreen tidak bisa disentuh sama sekali, maka Anda bisa menggunakan cara dengan bantuan aplikasi MultiTouch Tester yang bisa diunduh secara gratis di Play Store, agar tahu Android rusak atau tidak.

Caranya dengan menempelkan semua jari pada aplikasi. Setiap smartphone memiliki ketentuan multi-touch yang berbeda, ada yang menggunakan lima jari atau sepuluh jari tergantung jenis ponsel.

Begitulah beberapa tips dan cara mengatasi layar sentuh yang tidak berfungsi. Selamat mencoba.

About the author: Admin

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × five =