Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Merekam Video

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Merekam Video

Hadirnya smartphone membuat banyak aktivitas harian pengguna semakin dimudahkan. Baik itu pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, manajemen toko dan masih banyak lagi yang lainnya. Perangkat smartphone juga dibekali fungsi lainnya yang membuat keberadaan jenis perangkat lain semakin tersingkirkan. Sebut saja kamera, di mana pada HP android khususnya sudah dibekali dengan fitur kamera yang mampu menghasilkan foot dan video berkualitas bagus.

Berbicara mengenai kamera HP, terkadang ada masalah error yang dialami. Salah satunya adalah kamera yang tidak bisa digunakan untuk merekam video. Masalah seperti ini bisa terjadi pada merek dan tipe HP apa pun, termasuk di HP Xiaomi. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera Xiaomi tidak bisa merekam video tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Merekam Video

Untuk memperbaiki masalah kamera error di HP Xiaomi sehingga tidak bisa digunakan merekam video, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Anda tidak perlu membawa HP tersebut ke tukang servis, karena Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mudah. Adapun cara mengatasi kamera Xiaomi tidak bisa merekam video selengkanya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP Xiaomi

Masalah HP Xiaomi yang tidak bisa merekam video, bisa jadi karena adanya masalah error pada sistem android yang disebabkan oleh file cache. Di memori HP Xiaomi mungkin saja terisi penuh file cache sehingga hal ini mengganggu fungsi HP saat digunakan untuk merekam video.

Cara praktis untuk menghapus file cache atau sampah di memori HP Xiaomi tersebut yakni dengan melakukan restart. Setelah HP Xiaomi direstart, selanjutnya Anda bisa menjalankan lagi aplikasi kamera dan gunakan untuk merekam.

Simak juga 👉  Cara Download Lagu Lewat HP Paling Simpel

2. Cek Ruang Penyimpanan HP Xiaomi

Penyebab lain kamera HP Xiaomi yang tidak bisa merekam yakni dikarenakan ruang penyimpanannya yang sudah penuh, baik itu memori internal maupun eksternalnya. Sebaiknya Anda lakukan pengecekan apakah hal tersebut benar adanya atau tidak. Jika memang ruang memori HP sudah penuh, sudah pasti kamera tidak bisa melakukan perekaman.

Untuk mengatasinya Anda pindahkan penyimpanan hasil rekaman video ke memori eksternal. Atau jika tidak, Anda pindahkan data yang ada di memori internal HP ke penyimpanan lain. Jika memang data dianggap tidak penting, maka Anda bisa menghapusnya.

3. Menghapus File Cache dan Data Aplikasi Kamera

Selain file cache HP yang biasanya tersimpan di RAM, file cache yang menumpuk di aplikasi Kamera juga bisa menjadi penyebab lain aplikasi tersebut mengalami error dan tidak bisa merekam video. Untuk mengatasinya tentu Anda harus melakukan penghapusan file sampah tersebut. Untuk caranya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Kamera Xiaomi.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Lalu klik Hapus Cache.
  • Sekarang Anda jalankan lagi kamera dan gunakan untuk merekam. Jika masih tidak bisa, maka masuk lagi ke halaman Penyimpanan tadi. Kemudian klik pada opsi Hapus Data.

4. Gunakan Aplikasi Kamera Lain

Jika masih tetap tidak bisa melakukan perekaman video, solusi lainnya yakni dengan menginstall aplikasi kamera lain. Di Google Playstore terdapat banyak pilihan aplikasi kamera terbaik yang bisa Anda gunakan.

Aplikasi kamera yang tersedia di Google Playstore ini hampir semuanya bisa digunakan secara gratis. Yang menarik lagi, di dalamnya didukung dengan berbagai fitur canggih yang membuat hasil rekaman video semakin berkualias.

Simak juga 👉  Cara Mengubah Icon Baterai Android Jadi Lebih Keren

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kamera Xiaomi tidak bisa merekam video yang ampuh dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.