Cara Membuat Video Time Lapse di Redmi Note 7

Andro-POP – Balik lagi di hp Redmi Note 7 kali ini kita akan kasih tutorial cara membuat video time lapse di Redmi Note 7 dengan menggunakan fitur yang sudah ada pada kamera bawaan lavender ini, jadi kita tidak usah menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi untuk membuat video time lapse.

Cara Membuat Video Time Lapse di Redmi Note 7

Sebelumnya apa kalian sudah tau apa itu video time lapse? Time lapse adalah pengembangan dari seni fotografi dengan cara menggabungkan foto menjadi sebuah video.

Meski agak mirip dengan video stop motion, namun perbedaannya adalah pada time lapse kita tidak perlu mengubah sudut atau objek pada foto karena time lapse mengambil foto yang akan dibuat menjadi video dengan emnggunakan sistem interval.

Langsung saja ke alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat video time lapse di Redmi Note 7.

Tripod

Karena pembuatan video time lapse kita tidak boleh menggoyangkan kamera dan membuat getaran sedikit saja, maka disini kita butuh bantuan yang namanya tripod.

Tripod dan holder hp menjadi alat yang wajib digunakan saat ingin membuat video time lapse. Alat ini bisa kalian dapatkan di toko online dengan harga yang bervariasi mulai dari yang 50rb juga ada, dan admin pake yang murah.

Power Bank

Karena video time lapse merekam pergerakan yang biasa menjadi lebih di percepat seperti misalnya gerakan awan atau jalannya lalu lintas, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama pada saat perekaman.

Maka dari itu pastikan anda membawa pengisi daya cadangan seperti power bank untuk berjaga-jaga saat baterai pada redmi note anda mulai habis dan video belum selesai direkam.

Setelah persiapan semua alat sudah siap, sekarang kita akan mulai merekam dan melakukan pengaturan pada kamera untuk membuat video time lapse.

Cara Membuat Video Time Lapse di Redmi Note 7

Buka aplikasi kamera redmi note 7 anda lalu pilih mode Video.

Pilih menu titik tiga pada kamera, lalu pilih Setelan.

Setelah masuk ke menu Setelan, gulir kebawah dan pilih Interval selang waktu.

Atur sesuai dengan foto apa yang ingin anda ambil, karena disini saya ingin merekam awan dengan time lapse, maka saya pilih interval selang waktu 30x (1 detik).

Kembali ke kamera masih dengan mode video, tekan kembali menu titik tiga lalu pilih Selang waktu, dan silahkan tekan tombol rekam untuk memulai mengambil video.

Berikut adalah dasar untuk menentukan interval time lapse sesuai dengan kebutuhan:

1 second intervals:

  • Pergerakan lalu lintas dijalan raya
  • Pergerakan awan yang cepat
  • Drivelapses

1 – 3 second intervals:

  • Sunsets
  • Sunrises
  • Pergerakan awan yang lambat
  • Masa yang berkumpul
  • Bulan dan matahari di dekat garis horizon

15 – 30 second intervals:

  • Pergerakan bayangan
  • Matahari di langit terbuka (tanpa awan)
  • Bintang (15 – 60 seconds)

Longer Intervals:

  • Tanaman yang tumbuh cepat (90 – 120 seconds)
  • Konstruksi bangunan (5min – 15min)

Saya telah melakukan percobaan sendiri dirumah dengan mengambil video awan dengan mode time lapse menggunakan redmi note 7 yang kurang lebih durasi aslinya adalah kalau tidak salah sekitar 20 menit lebih dan menghasilkan video time lapse dengan durasi 00.38 saja dengan size video 97 MB.

Sebenarnya masih banyak yang bisa kita lakukan berbagai hal dengan kamera Redmi Note 7 dengan resolusi 48 MP tersebut, dan ada banyak efek yang serta fitur yang masih belum kita tau.

Jika kalian penikmat fotografi seperti untuk menciptakan foto bokeh yang berkualitas, bisa dengan memasang google camera di redmi note 7 yang telah kami bagikan beberapa hari yang lalu.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat, dan jika ada masalah atau belum paham bisa dengan cara meninggalkan komentar dibawah.


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *