Cara Daftar Aplikasi Bansos Online 2022 Agar Diterima

Cara Daftar Aplikasi Bansos Online 2023 Agar Diterima

Dengan membaca ulasan cara daftar aplikasi BANSOS online 2022 agar cepat diterima, diharapkan para pembaca tidak bingung lagi. Selain itu, bisa bermanfaat bagi siapa saja dengan menambah berbagai informasi tentang setiap langkah yang harus dilakukan. Tujuannya tentu mempermudah calon penerima bantuan dari pihak Kemensos, untuk itu simak penjelasan berikut!

Cara Daftar Aplikasi Bansos Online 2022 Agar Diterima

1. Unduh Aplikasinya Dahulu

Pertama, untuk memulai cara daftar aplikasi BANSOS online 2022 agar cepat diterima haruslah memiliki aplikasinya dahulu bernama Cek BANSOS. Yang mana biasanya bisa di unduh lewat Play Store pada setiap smartphone yang telah dimiliki. Bila tidak ada, bisa cek terlebih dahulu versi android yang dimiliki sebab beberapa sudah dibatasi penggunaannya.

Bila sudah tahu segala ketentuan dari Play Store, selanjutnya hanya perlu mengetikan nama dari aplikasi Cek BANSOS pada kolom pencarian. Secara otomatis nama teratas adalah pencarian paling valid yang telah ditentukan, kemudian klik pasang. Tapi tunggu beberapa saat dahulu untuk memasangnya, jika sudah pasti akan ada pemberitahuan langsung.

2. Buatlah Akun

Apabila sudah memiliki aplikasi untuk pendaftaran bantuan dari pihak Kemensos, kemudian hanya perlu membuat akun untuk masuk terlebih dahulu. Biasanya saat melakukan pendaftaran ini akan ada beberapa identitas yang harus diisikan namun tetap saja ada beberapa aturan mainnya. Tidak serta merta harus segalanya diberitahukan sebab bisa dimanfaatkan pihak lain risikonya.

Contoh identitas yang harus dimasukkan saat pendaftaran antara lain seperti nama lengkap, nomor KTP dan beberapa hal lainnya. Jika sudah terisi semuanya hanya perlu klik Buat Akun maka secara otomatis akan langsung terdaftar hanya saja perlu verifikasi. Caranya hanya perlu memasukkan nomor OTP yang telah dikirimkan sebelumnya.

3. Kenali Menunya

Selanjutnya calon penerima bantuan Kemensos haruslah masuk ke dalam aplikasi Cek BANSOS terlebih dahulu dengan memakai akun yang telah terdaftar. Kemudian tunggu beberapa saat sampai halaman utama bisa terlihat, di sana akan terdapat beragam menu untuk dipilih. Tapi yang perlu diperhatikan adalah kenali segala menu agar tahu kegunaannya.

Contoh menu Profil untuk menampilkan identitas yang terdaftar atau bisa dikatakan juga status dari kondisi pemilik sudah mendapat bantuan belum. Lalu Tanggapan Kelayakan dimana daftar penerima BANSOS yang lokasinya satu kelurahan akan ditampilkan dalam satu layar. Terakhir Daftar Usulan, merupakan opsi untuk mendaftarkan setiap jenis bantuan kepada calon penerimanya.

4. Isikan Identitas

Tahapan ini bisa dilakukan jika sudah masuk menu Daftar Usulan, pasalnya segala ketentuan untuk mendapatkan bantuan akan tertera di dalamnya. Lalu klik Tambahkan Usulan untuk mengisikan beberapa persyaratan utama dalam penerimaan BANSOS bagi pemilik akun atau beberapa orang lain. Seperti anggota keluarga hingga sanak saudara yang tergolong masih dekat.

Dimana ada beberapa hal yang haruslah di isikan seperti nomor KK, Alamat Rumah, Nomor HP dan masih banyak lainnya. Itu pun haruslah sesuai dengan kondisi penerima saat ini tujuannya agar saat ada pemeriksaan tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu juga menambah keaslian data yang telah diberikan agar mudah dalam pertanggung jawaban.

5. Pengecekan

Bagian terakhir sebelum melakukan penyelesaian segala proses pendaftaran BANSOS dari pihak Kemensos adalah pengecekan. Tujuannya untuk memastikan semua permintaan persyaratan dari pihak Kemensos telah sesuai dengan kondisi penerima dan tidak ada data lain terlewat. Bila segala proses sudah selesai lalu klik Jenis Bantuan Sosial dan pilih Selesai untuk menutupnya.

Jika telah membaca penjelasan di atas mengenai cara daftar aplikasi BANSOS online 2022 agar cepat diterima pasti bisa menambah informasi. Terutama bagi para calon penerima bantuannya pasti akan cukup membantu, bila terasa kurang bisa mencari sumber referensi lain. Ataupun langsung bertanya ke kantor kelurahan terdekat untuk mendapatkan arahan.