Aplikasi Cek Bansos 2022

Aplikasi Cek Bansos 2023 Link Download dan Cara Menggunakan

Pemerintah melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia memberikan bantuan sosial atau bansos berupa uang, barang, dan lain-lain pada keluarga yang tidak mampu. Bansos diberikan pada masyarakat yang terdampak pandemi. Jumlah bansos yang diterima masyarakat berbeda-beda tergantung kategori. Artikel ini akan membahas cara mengecek penerima bansos melalui aplikasi cek bansos 2022 lengkap.

Cara Cek Bansos Melalui Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos dibekali dengan fitur usul hingga sanggah, jika masyarakat mendapati penerima bansos yang tidak tepat sasaran. Tidak hanya uang tunai, bahkan masyarakat juga dapat memperoleh bantuan berupa kuota internet hingga diskon listrik. Berikut cara mengecek Bansos via aplikasi Cek Bansos :

1. Download Aplikasi

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Cek Bansos yang dikembangkan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Jangan sampai salah memilih karena banyak aplikasi serupa yang mengatasnamakan bantuan sosial. Faktanya, aplikasi tersebut diciptakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dan dapat memicu penipuan.

2. Lakukan Registrasi

Selanjutnya, pengguna dapat melakukan registrasi dengan mengisi data diri. Sesuaikan pengisian data diri dengan KK dan KTP yang berlaku. Sebelum mengisi, siapkan dokumen yang digunakan untuk registrasi yakni Nomor Kartu Keluarga, NIK, KTP, foto saat memegang KTP, hingga email.

Kemudian, akses menu Layanan pada aplikasi. Jika sudah mengisi identitas diri, maka pengguna akan dikirimkan kode OTP yang dikirimkan via email. Nantinya, pihak server akan memverifikasi data tersebut.  Ikuti panduan selanjutnya!

3. Periksa Data Diri

Jika berhasil login, maka pengguna akan ditampilkan ke halaman awal aplikasi cek bansos 2021. Jangan lupa untuk memeriksa kembali kebenaran data diri yang sudah didaftarkan. Kemudian, pilih opsi yang bertuliskan Cek Bansos. Nantinya, pengguna akan ditampilkan beberapa opsi menu.

4. Input Data

Berikutnya, pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan juga kelurahan/desa sesuai dengan domisili pengguna. Isi nama sesuai dengan identitas di KTP. Nantinya, pengguna akan diarahkan pada laman hasil pencarian penerima bansos.

5. Hasil Pencarian

Terakhir, pengguna akan ditampilkan tentang detail bantuan yang pengguna dapatkan. Tampilan tersebut akan menunjukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan, nama penerima, umur, hingga status bansos yang diterima. Selain itu, aplikasi ini juga bermanfaat untuk mengecek penerima jenis Bansos seperti BNPT hingga PKH.

Kegunaan Fitur Usul dan Sanggah 

Aplikasi Cek Bansos 2022 lengkap dibekali dengan fitur usul dan sanggah. Fitur usul ini digunakan untuk menunjukkan penyaluran Bansos yang transparan. Utamanya, masyarakat yang merasa berhak menerima Bansos, namun tidak menerimanya.

Sebaliknya, bagi penerima Bansos yang merasa tidak layak mendapatkan Bansos, namun menerimanya dapat mengajukan komplain via fitur sanggah yang tersedia di aplikasi. Selain itu, fitur tersebut juga diluncurkan Kemensos untuk memantau penyaluran Bansos lebih tepat sasaran.

Langkah Mengecek Penerima Bansos Via Website Kemensos

Cara lain untuk mengecek penerima Bansos adalah dengan mengakses website http://cekbansos.kemensos.go.id. Caranya, pengguna tinggal mengisi data domisili mulai dari Provinsi, hingga desa tempat tinggal. Kemudian, pengguna bisa mengetikkan nama penerima bansos. Lalu, masukkan dua kata pada kotak kode yang ditampilkan.

Pilih tombol cari data. Tunggu hingga sistem menyesuaikan nama penerima dan wilayah yang dimasukkan dengan database milik Kemensos. Jika masyarakat layak mendapatkan bansos, maka pengguna dapat melakukan pendaftaran ke kelurahan setempat atau dinas sosial. Sama dengan aplikasi cek bansos, website Kemensos ini juga menyediakan fitur usul dan sanggah.

Itulah penjelasan tentang langkah mengecek penerima bansos via aplikasi Cek Bansos 2022 lengkap dan informasi tentang kegunaan fitur usul dan sanggah. Selain itu, pengguna bisa mengecek penerima bansos via website Kemensos dengan mudah.