Bagaimana Cara Mengetahui Baterai Headset Bluetooth Penuh?

Diposting pada

Andro-POP – Pasti kalian bingung gimana caranya mengetahui baterai headset bluetooth jika sudah full, padahal tidak ada notifikasi yang tersedia sebagai indikator jika daya sudah penuh. Nah meski begitu, tetap saja ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk hal tersebut.

headset bluetooth

Headset bluetooth adalah alat pendengaran yang bisa digunakan tanpa kabel. Seperti namanya, headset ini mengandalkan koneksi bluetooth yang dikirim dari smartphone lalu diterima dengan bluetooth juga pada perangkat.

Alat ini banyak diminati karena dinilai simpel dan mudah untuk dibawa kemana-mana alias tidak ribet. Beberapa device yang biasanya didukung seperti Samsung, Xiaomi, Asus Zenfone, Oppo, Vivo dan brand-brand ternama lainnya.

Karena tanpa kabel, jadi ada sebuah baterai yang tertanam di dalam headset untuk mengaktifkan bluetooth sebagai penerimanya. Jadi tersedia slot untuk melakukan charge saat baterai habis, namun sudah taukah anda bagaimana cara mengetahui baterai headset bluetooth sudah penuh atau belum?

Cara Mengetahui Baterai Headset Bluetooth Penuh (Full)

Ada dua opsi yang bisa kita lakukan, yaitu menggunakan aplikasi dan non aplikasi. Untuk lengkapnya, silakan simak tutorial berikut ini;

1. Menggunakan Aplikasi

BatON

  • Pertama kalian unduh aplikasi BatON (Disini)
  • Hubungkan headset bluetooth dengan smartphone kalian
  • Buka aplikasi BatON, dan setting untuk menampilkan presentasi baterai dari headset

2. Tanpa Aplikasi

  • Tingkatkan versi Android anda ke versi 8.0 atau diatasnya
  • Hubungkan headset ke ponsel kalian
  • Maka akan muncul secara otomatis presentasi baterai pada bar diatas layar gadget anda

Jika anda adalah pengguna ponsel keluaran terbaru yang sudah mengusung Android 8.0 keatas maka tidak usah melakukan upgrade seperti pada pilihan kedua. Karena untuk Android keluaran terbaru secara otomatis fitur ini sudah tersedia dan telah mendukung terhadap headset bluetooth tipe apa saja.

Tips Merawat Baterai Headset Bluetooth Agar Awet dan Tahan Lama Digunakan

Mau baterai headset bluetooth kamu tahan lama dan tidak rusak sampai bertahun-tahun? Ikuti tips berikut ini.

  1. Saat baterai mulai mau habis, silakan kalian matikan perangkat headset dan diamkan beberapa saat sebelum melakukan charge.
  2. Saat melakukan charge, pastikan sudah full hingga 100%.
  3. Setelah baterai penuh, jangan langsung digunakan. Diamkan kira-kira 5 menit, lalu silakan gunakan.

Rekomendasi : 5 Headset Bluetooth Murah Mulai 100 Ribuan dengan Kualitas Bagus

Ini juga berlaku untuk baterai ponsel, dan cara ini yang selalu saya gunakan hingga saat ini terhadap smartphone saya. Hasilnya baterai tidak mudah drop dan tetap awet tahan lama. Nah, semoga tutorial kali ini bermanfaat dan mohon bagikan kepada yang lain ya.