[Berhasil] Tutorial Lengkap Install Ulang HP Android Seperti Baru

Andro-POP – Cara menginstall hp android terkadang perlu dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja smartphone android agar kembali seperti saat pertama kali membeli dari pabrik. Bukankah sangat nyaman saat menggunakan hp yang masih ringan saat pertama kali kita membelinya? Nah, hal itulah yang akan kita lakukan di pertemuan kali ini. Ada banyak macam cara untuk me-reset ulang android dan bahkan bisa kita lakukan tanpa bantuan pc / laptop.

Salah satu caranya ialah dengan masuk ke menu recovery mode, dimana pada menu ini kita bisa menemukan beberapa pengaturan seperti memformat ulang hp, hapus cache, merestart, matikan perangkat dan bahkan melakukan factory reset langsung. Dan menu tersebut terdapat pada setiap handphone yang menjalankan OS Android tak terkecuali untuk perangkat Asus, Xiaomi, Samsung, Advan, Lenovo dan perangkat lainnya. Hanya saja bedanya ada pada saat cara ingin masuk ke menu recover mode tersebut setiap perangkat itu berbeda (Nanti akan kami lampirkan juga untuk cara yang satu ini lengkap untuk semua merk smartphone android).

Cara Instal Ulang HP Android untuk Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik

Ada baiknya sebelum masuk ke tutorial, kenali dulu beberapa masalah yang biasanya terjadi pada perangkat yang membutuhkan flashing ulang.

Bootloop : Nah ini yang paling sering di alami pengguna, Bootloop adalah keadaan dimana hp tidak bisa masuk ke menu awal dan hanya bertahan di logo saja. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa masalah seperti anda melakukan kesalahan terhadap file sistema sehingga tidak dapat berjalan dengan benar. Dan juga bisa di akibatkan oleh aplikasi pihak ketiga yang mengandung virus, aplikasi semacam ini biasanya diam-diam merusak sistem android anda dan bahkan ada yang sampai merusak ke dalam file.

Lupa Kunci Pola / PIN : Saya rasa semua jenis hp android sudah memiliki fitur yang satu ini dan penggunanya pun sudah banyak yang mengaktifkan fitur tersebut untuk menjaga keamanan handphone dari jangkauan orang lain. Privasi itu memang perlu, namun jika anda tipe orang yang pelupa, sebaiknya anda menonaktifkan fitur yang satu ini. Namun cara ini biasanya tidak mampu terhadap perangkat samsung dengan os Marshmallow keatas, baca : Cara Bypass Android FRP di HP Samsung (Lupa kode dan Akun Google).

Kerusakan Software : Ini disebabkan oleh pengguna yang sering menggunakan handphone nya untuk aktivitas yang berat seperti menginstal game dan aplikasi terlalu banyak sehingga menyebabkan beberapa sistem didalamnya menjadi rusak yang biasanya ditandai dengan “Proses com.android.systemui telah berhenti”.

Dan bermacam kerusakan lainnya yang kadang tidak kita mengerti.

Untuk anda yang mengalami beberapa masalah seperti diatas, bisa lanjut ke tutorial berikut ini guna cara memperbaikinya.

Langkah 1: Masuk ke Recovery Mode

Pertama matikan dulu smartphone atau tablet android anda, saya contohkan disini pada Asus Zenfone 5 tekan tombol volume up + tombol power secara bersamaan. Dan tunggu hingga masuk ke dalam mode recovery.

Catatan : Recovery mode pada setiap hp android memang berbeda – beda untuk cara masuknya, dan umumnya tampilan mode recovery ini hanya berupa menu dalam bentuk tulisan, juga anda tidak bisa menggunakan fitur sentuh untuk memilih menu teresbut, gunakan tombol volume atas untuk keatas, volume bawah untuk kebawah dan tombol power untuk memilih.

Dan berikut ini contoh tampilan Recovery Mode di android

Langkah 2: Pilih Wipe Data/Factory Reset

Jika anda sudah berhasil masuk ke tampilan seperti pada gambar, sekarang pilih menu Wipe data/Factory reset untuk melakukan format data pada handphone (khusus memori internal) sehingg data yang ada di dalam memori internal seperti kontak, sms dan lainnya akan terhapus secara bersih.

Jika anda masih bingung, berikut ini kami langsung saja contohkan menggunakan hp adavan s4t agar lebih jelas kepada anda disertai dengan gambar.

  1. Pastikan kapasitas baterai anda masih lebih 50% dan kalau bisa usahakan full
  2. Matikan hp
  3. Tekan tombol volume atas + bawah secara bersamaan sambil menekan tombol power. Saat muncul logo advan, lepas tombol power namun tetap sambil menekan volume atas dan volume bawah
  4. Jika sudah muncul, arahkan pilihan ke Wipe data/Factory reset menggunakan tombol volume bawah lalu pilih dengan menekan tombol powerTampilan recovery mode advan s4t
  5. Lanjut pilih lagi menu Yes — delete all user dataTampilan recovery mode advan s4t
  6. Tunggu hingga proses selesai
  7. Jika sudah selesai dan terlihat kata complete di bawah, silahkan pilih reboot system now
  8. Tunggu hingga handphone hidup
  9. Selamat, anda sudah berhasil melakukan instal ulang hp android anda

Seperti yang saya janjikan diatas, berikut ini cara masuk recovery mode untuk semua merk hp android

Kumpulan Cara Masuk Recovery Mode di HP Android (Semua Merk)

Samsung

  • Matikan Samsung anda
  • Tekan tombol Volume UP + Tombol Home + Tombol Power Secara bersamaan selama

LENOVO

  • Matikan Lenovo
  • Setelah mati, tekan Volume Down + Volume Up + Tombol Power secara bersamaan

Asus Zenfone

  • Matikan hp asus anda
  • Tekan kombinasi tombol Volume UP + Tombol Power tahan secara bersamaan selama beberapa detik dan akan masuk ke Fastboot Mode

ACER

  • Pastikan hp acer anda dalam keadaan mati
  • Lalu tekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan, atau dengan cara kedua Tekan Tombol Volume Down + Camera + Tombol Power

OPPO

  • Matikan Oppo anda
  • Dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan

SONY Xperia

  • Matikan Xperia anda
  • Dalam keadaan mati, nyalakan hp anda dan ketika LED nyala tekan tombol Volume Atas secara berulang-ulang sampai masuk ke menu recovery mode

LG

  • Matikan perangkat LG anda
  • Setelah itu tekan tombol Volume Up + Tombol Home + Power secara bersamaan

HTC

  • Matikan HTC anda
  • Kemudian tekan secara bersamaan tombol Volume Down + Tombol Power

Untuk perangkat IMO/MITO/Huawei/EVERCROSS dan Hp Android Lokal lainnya

Umumnya pada smartphone Android lokal menggunakan kombinasi tombol seperti dibawah ini:

  • Matikan perangkat terlebih dahulu, dan tekanlah tombol Power Down + Tombol Power Secara bersamaan selama beberapa derik hingga masuk recovery mode.
  • Setelah masuk, gunakan tombol Power untuk memilih dan Tombol Volume untuk navigasi keatas dan kebawah. Jika ingin kembali, gunakan tombol kembali/back di android anda.

Berikut ini kami juga lampirkan tutorial dalam bentuk Video untuk cara install ulang android dengan metode recovery mode.

Jika cara diatas masih tidak mampu untuk mengatasi masalah yang ada pada smartphone anda, maka jalan satu – satunya ialah dengan melakukan flashing ulang yakni dengan mendownload dulu firmware yang cocok untuk perangkat android anda. Biasanya untuk orang yang tidak ingin ribet, menyerahkan hp nya ke konter terdekat untuk di perbaiki dan itu akan memakan biaya antara 50rb sampai 100rb rupiah.

Jika anda kebingungan dengan tutorial diatas, silahkan tanyakan via kolom komentar dibawah dan sertakan tipe hp anda untuk kami cari tau selanjutnya solusi apa yang sebaiknya di lakukan. Semoga tutorial instal ulang hp android ini bisa berguna dan silahkan SHARE ke teman anda yang membutuhkan.