Trik Android Terbaru, Aplikasi dan Game APK, Tips dan Trik BBM, Download APK Full

Cara Mengatasi Android Cepat Panas dan Penyebabnya

Andro -POP | ,08.54 | ||||
Advertisement
Mengapa Android cepat panas? Bisa disebabkan karena penggunaannya yang kurang efisien meskipun Android merupakan smartphone yang canggih untuk saat ini maka tidak menutup kemungkinan untuk perangkat tersebut terhindar dari yang namanya panas. Dan panas pada Android bisa saja di sebabkan oleh beberapa faktor seperti untuk memainkan game dan internetan dalam waktu yang cukup lama, maka hal tersebut dapat membebankan prosesor sehingga menimbulkan terjadinya panas. Namun yang paling parah ialah jika hal ini di biarkan secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan yang serius seperti pada hardware yang dimiliki, dan kita sama-sama tau bahwa jika kerusakan hardware yang terjadi maka tidak akan sedikit biaya yang akan kita keluarkan untuk memperbaikinya. Maka dari itulah perlu sekali untuk tetap menjaga Android kita agar tetap stabil dan tidak panas.

Cara Mengatasi Android Cepat Panas

Dan disini www.andro-pop.com akan memberikan beberapa tips yang dapat di lakukan untuk tetap menjaga android tidak overheat atau mengalami panas yang berlebihan. Namun sebelumnya kalian perlu mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan tablet dan hp Android kita mengalami panas yang berlebihan. Berikut beberapa penyebabnya.

Penyebab Android Cepat Panas

*Kinerja Yang Berlebihan
Kinerja yang di lakukan secara berlebihan dapat membuat Android kita cepat panas, hal ini biasanya terjadi pada saat kita membuka begitu banyak aplikasi secara bersamaan sehingga prosesor kewalahan untuk memprosesnya. sama seperti seseorang jika di berikan pekerjaan secara banyak dan disuruh untuk mengerjakan semuanya secara bersamaan.
*Aplikasi Aktif di Latar Belakang
Ada memang sebagian aplikasi yang aktif secara otomatis dan berjalan di layar belakang sistem tanpa sepengetahuan kita, biasanya aplikasi ini menggunakan banyak sekali resource memori ram yang terdapat pada Android seperti misalnya aplikasi BBM. Aplikasi BBM ini baru pertama kita menghidupkan Android saja sudah muncul logonya di atas berupa icon BBM. Tidak masalah jika hanya BBM saja yang berjalan akan tetapi bila masih ada beberap aplikasi yang berjalan seperti misalnya Line, WhatsApp, Google Play Musik dan aplikasi berat lainnya seperti game. Jika semua sudah berjalan secara bersamaan pastiakan membuat kinerja CPU menjadi lebih berat.
*Sinyal Seluler
Ternyata sinyal juga berpengaruh loh terhadap panasnya ponsel Android, kita buktikan saja jika kita lebih sering menggunakan Android kita untuk keperluan internet seperti browsing dan download pasti lambat laun perangkat kita akan terasa panas terutama pada casing bagian belakang. Untuk mengurangi kepanasan ini sebaiknya anda jangan terlalu lama menggunakan koneksi ada kartu GSM/CDMA anda, gunakanlah WIFI maka kalian akan merasakan perbedaannya, disamping itu dengan cara menggunakan wifi kita akan merasakan baterai kita tidak seboros pada saat kita mengaktifkan layanan data internet di kartu SIM kita.

Cara Mengatasi Panas di Android (Overheat)

Pasang Aplikasi Seperlunya
Sebisa mungkin untuk menginstal aplikasi yang perlu saja misalnya BBM, Google Chrome, Operamini, dan aplikasi penting lainnya. Dan tidak disarankan untuk kalian menggunakan launcher yang berat. sebaiknya silakan anda gunakan launcher yang ringan saja baca > 10 Launcher Android yang Ringan dan Keren

Hapus Cache Secara Rutin
Cache juga sedikit berpengaruh terhadap panas Android yang berlebihan, karena jika cache ini di biarkan terus maka akan berdampak negatif terjadap Android anda. jadi sebaiknya anda menghapusnya secara rutin. Untuk cara menghapus cache yang benar silahkan anda baca artikel berikut ini "Cara Membersihkan Android dari File Tidak Penting".

Rajin Update Firmware
Rajin-rajinlah melakukan update terhadap versi firmware anda, karena pada versi firmware yang lawas pasti terdapat sejumlah celah atau bug di dalamnya. Dan pada versi firmware terbaru celah tersebut pasti sudah diminimalkan atau malah di sudah dihilangkan.

Matikan Koneksi Internet Saat Tidak Digunakan
Penting bagi anda untuk mematikan semua koneksi internet yang terdapat di Android anda saat sedang tidak digunakan. Misalnya pada saat kita tidur, pastikan sebelum tidur kalian sudah mematikan koneksi data yang berjalan agar tidak terdapat koneksi yang berjalan saat kita tinggal tidur dan hal terebut dapat menyebabkan Android kita panas dan bahkan kehilangan beberapa persentase baterai kita.
Untuk meminimalisir panas Android anda juga bisa menggunakan aplikasi pendigin yang dapat anda download pada: Aplikasi Pendingin Android Terbaik - New!
Itulah beberapa tips untuk mengatasi Android panas baik pada hp Asus Zenfone, Samsung Galaxy, Xiaomi, Xperia dan lainnya. Dengan menerapkan semua cara di atas pasti Android anda tidak akan merasakan panas yang berlebihan lagi. Semoga tips ini bermanfaat.
Cara Mengatasi Android Cepat Panas dan Penyebabnya Diposkan Oleh: Andro -POP