Trik Android Terbaru, Aplikasi dan Game APK, Tips dan Trik BBM, Download APK Full

Tips Merawat Baterai HP Android Agar Awet Tahan Lama (Pengalaman)

Andro -POP | ,06.52 |
Advertisement
Andro-POP - Android kita pasti sering mengalami kehabisan energi suplay yaitu baterai. Namun jangan heran karena memang sebuah smartphone membutuhkan banyak suplay energi untuk sistemnya. Apa lagi bila Anda merupakan seseorang yang selalu terkoneksi ke internet semisal chating di BBM, Facebook, Twitter, Instagram dan game online seperti clash of clans aktifitas seperti itu sangat menguras daya tahan baterai. Dan jika di biarkan secara terus menerus aktifitas tersebut di lakukan, maka akan berdampak negatif pada baterai ponsel Anda yang hasilnya akan membuat baterai ponsel Anda boros dan drop (Aus).

Nah maka dari itu disini saya akan memeberikan tips cara agar baterai di Android awet dan tahan lama terutama bagi Anda yang masih baru membeli gadget maka wajib untuk menyimak tips yang akan saya bagikan berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan memang terbukti cara ini cukup ampuh untuk meminimalisir waktu rusak baterai lebih lama. Juga sudah pernah di terapkan oleh teman-teman saya yang memakai ponsel Android. Silakan simak caranya berikut ini.

Tips Merawat Baterai HP Android

Tips Merawat Baterai Android Biar Awet

Saat Anda baru membeli ponsel Android dari toko hp silakan Anda cek terlebih dahulu isi baterainya berapa persen. Jika di bawah 50% silakan Anda lakukan isi ulang terhadap ponsel Android Anda sampai penuh. Namun jika Android yang Anda beli dari toko hp tersebut daya baterainya masih dalam keadaan penuh silakan Anda pakai sampai baterai berada di daya sekitar 15-25 % jika sudah mencapai daya tersebut silakan Anda lakukan isi ulang.

Dan untuk cara melakukan charger baterai Android yang benar agar awet silakan Anda simak cara paling penting dalam tips ini, berikut.
  1. Saat Anda melakukan charger atau isi ulang baterai pastikan daya baterai sudah mencapai presentasi aman untuk melakukan chas yakni antara atau sekitar 26 % - 15 %. Namun sebelum Anda colokkan Android Anda ke chargernya terlebih dahulu diamkan hp Androidnya sampai dingin alias tidak panas (jika Android kamu dalam keadaan di pakai misalnya main game atau habis internetan dan tiba-tiba lowbet). Tunggu hingga baterai dan mesin hp benar – benar tidak panas, mungkin sekitar 4-5 menit. Jika sudah dingin silakan lakukan charger baterainya.
  2. Saat dalam mode pengisian alias di charger sebisa mungkin silakan tidak Anda gunakan untuk melakukan aktifitas lainnya, misal telponan, smsan, internetan atau juga main game coc hehe. Sabar dulu main game clash of clans-nya ya… dan kalau bisa silakan Anda non-aktifkan data paketnya.
  3. Jika di rasa sudah penuh alias 100% silakan Anda cabut charger dari hp Android Anda. Dan lagi-lagi Anda harus menunggu sekitar 3-5 menit untuk mulai menggunakannya. Mengapa harus menunggu? Karena saya sudah membuktikannya kepada perangkat apapun yang menggunakan baterai isian dan memang terbukti keawetannya. Saya selalu memberikan waktu untuk baterai agar dapat menyesuaikan dengan energi yang baru saja di dapatkannya (di charger). Kita umpamakan saja seperti manusia, jika kita sedang makan dan perut kita akan merasa kenyang maka kita akan membutuhkan jeda untuk berdiri atau melakukan aktifitas lagi bukan? Nah silakan Anda terapkan hal tersebut pada hp Anda.
Tips Tambahan Untuk Anda yang Juga Sangat Penting Bagi Baterai HP dan Perangkat Keras Didalamnya.
  • Jangan lakukan charger HP sepanjang malam, misalnya saat Anda mau tidur lalu Anda tancapkan saja hp ke charger sampai pagi. Hal ini sangat tidak saya sarankan karena dapat beresiko terhadap hardware di hp Anda. Memang saat kapasitas baterai terisi penuh 100% maka charger akan menghentikan suplay energi bagi baterai Anda. Namun kita kembali lagi pada kodrat yang ada bahwasanya tidak ada sistem yang benar-benar sempurna, bayangkan jika suatu saat sistem pengisian tersebut terkena arus bocor maka hal tersebut akan berdampak pada kesehatan baterai Anda. Dan yang paling penting pada Hardware hpnya sendiri.
  • Tips yang satu ini khusus untuk Anda yang sering membeli charger hp lantaran selalu rusak, coba Anda koreksi pertanyaan saya beriktu ini.
Apakah Anda Sering Membiarkan Charger HP Anda Selalu Tertancap di Stop Kontak Listrik Setiap Saat?
  • Pasti nyengir deh orang yang merasa melakukan hal tersebut :D . Nah untuk yang satu ini sudah sering saya mengalaminya, namun bukan pada charger milik sendiri tapi milik tetangga saya (karena saya adalah tukang service HP dan Charger di kampung, kadang-kadang hihihi). Dan menurut pengalaman saya selama mengatasi charger yang rusak saya selalu menanyakan “apakah Anda tancapkan terus charger di stop kontak” dan dugaan saya tersebut benar adanya. Mereka ingin yang praktis dan tinggal tancap aja wkwk. Padahal akibat dari menancapkan chager hp saat sedang tidak di gunakan akan berakibat kerusakan pada kapasitor elektrolitnya (ELCO). Komponen tersebut tidak mampu menahan voltage yang mensuplainya. Mengapa tidak mampu? Karena arus listrik dan voltase yang di dapat tidak selalu dalam keadaan stabil alias naik turun yang dapat mengakibatkan elco tersebut kembung dan lemah lalu coid wkwk. Namun ada juga charger yang memang tahan lama untuk pemakaiannya, itu bisa di sebabkan karena memang komponen yang ada di dalamnya tersusun berdasarkan komponen yang kuat dan bagus.
  • Ok jika anda ingin menerapkannya silakan anda terapkan dari sekarang, dan jika berkenan silakan anda kembali lagi ke blog ini dengan memberi pendapat anda tentang tips yang saya bagikan ini dengan cara berkomentar di postingan ini atau bisa juga dengan berlangganan via email di blog ini.
* Mohon bagikan jika anda rasa tips ini sangat berguna untuk orang banyak, dan semoga anda mendapatkan pahala yang barokah amiin...
Perlu juga Anda ketahui bahwa trik ini tidak hanya di khusukan bagi Android saja, namun juga bisa di terapkan untuk smartphone lainnya seperti Blackberry, iPhone dan Windows Phone. Sekain untuk tips cara menghemat baterai Android semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Tips Merawat Baterai HP Android Agar Awet Tahan Lama (Pengalaman) Diposkan Oleh: Andro -POP