Trik Android Terbaru, Aplikasi dan Game APK, Tips dan Trik BBM, Download APK Full

Cara Overclock Android Adalah Meningkatkan Kinerja Prosesor (CPU)

Andro -POP | ,10.00 | ||||
Advertisement
Andro-POP - Banyak cara untuk meningkatkan kinerja pada ponsel Android, setelah sebelumnya saya membahas topik yang serupa yaitu Tingkatkan Kinerja Android dan pada kali ini saya juga akan share cara meningkatkan kinerja Android dengan cara Overclock CPU. Apa manfaat yang bisa kita dapatkan dari Overclock? Kita dapat membuat Android kita bekerja lebih maksimal lagi dan tidak membuat Android lemot dan lag saat bermain game. Itulah beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan dari Overclock CPU/Prosessor di Android.

Overclock Android

Memang untuk cara overclok di Android sendiri membutuhkan akses root dan juga sedikit beresiko karena dengan cara ini apa bila Anda melakukan kesalahan maka Android Anda akan rusak tapi rata-rata berhasil dan kemungkinan untuk rusak juga sangat minim. Maka dari itu disini saya tidak akan membahas untuk cara overclok Android karena setiap jenis atau tipe Android beda untuk cara Overclocknya, akan tetapi disini saya akan menjelaskan pengertian dari Overclock dan persiapan alat apa saja yang di butuhkan untuk melakukan Overclock di Android.

APA ITU OVERCLOCK?

Overclok adalah cara untuk meningkatkan kinerja Android agar memperoleh hasil yang maksimal, proses ini lebih cenderung untuk meningkatkan kinerja pada prosesornya. Dan biasanya prosesor yang sering di gunakan pada Android adalah sebagai berikut.
ARM, Qualcomm, Tegra, Exynos, SnapDragon, dan MediaTek(MTK) serta diikuti dengan kecepatan dan jumlah otak/inti/core yang dimiliki, seperti : 1GHz, 1,5GHz, quad-core, dual-core dan lain sebagainya.
Ini merupakan inti dari semua proses yang di lakukan dalam Android kamu, semua proses tersebut akan cepat selesai apabila tingkat kecepatan yang dimiliki prosesor Android kamu semakin tinggi. Nah dan cara Overclock disini akan meningkatkan kinerja ponsel kamu dengan cara meningkatkan kecepatan prosesor yang ada (di Maksimalkan).

Overclock adalah meningkatkan performa CPU di atas pengaturan rata-rata pabrik (Standarisasi Pabrik) contohnya jika kita membeli hp Android murah dengan kecepatan prosesor yang di miliki yaitu 1GHz, dan dengan Overclock kita meningkatkannya menjadi 1.6GHz. dan itu berarti setiap proses yang di lakukan Android kita akan menjadi lebih cepat.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OVERCLOCK?

Kelebihan dan manfaat yang kita dapatkan banyak, salah satunya handphone akan terasa tdak lemot alias lancar, main game HD lancar dan mulus (tidak lag) dan setiap proses yang di kerjakan di Android akan membutuhkan sedikit waktu untuk memprosesnya.

Kekurangan overclok adalah hp akan cepat panas yang karena di sebabkan oleh CPU/Prosesor yang bekerja lebih keras dan ekstra, lebih boros baterai karena memang untuk menghasilkan kinerja maksimal juga membutuhkan daya yang maksimal, dan resiko lainnya yaitu Android Anda kemungkinan akan mengalami Hardbrick / mati total, bootloop (tidak dapat masuk ke OS) dan lainnya.

Nah setelah Anda memahami ketentuan dan resiko yang dapat di akibatkan pada hp Android Anda dan tetap ingin melakukan oveclock maka berikut sedikit tips persiapan sebelum dan untuk melakukan Overclock Android.

PERSIAPAN OVERCLOCK

  • Pastikan HP Anda sudah dalam keadaan root guna untuk melakukan install Custom ROM atau Kernel nantinya.
  • Pilih file kernel yang sudah memiliki fitur Overclock. Dan biasanya file kernel  dalam bentuk .zip  
 
  • CWM recovery, dan boot masuk ke CWM recovery guna flash kernel file
  • Custom ROM (tidak wajib), beberapa kernel dapat bekerja dengan baik meski Android Anda masih menggunakan rom bawaan pabrik, asalkan sudah di ROOT.
Akan tetapi Custom ROM biasanya membuat kinerja ponsel lebih baik dari pada ROM bawaan pabrik. Seperti Custom ROM CyanogenMod.

OVERCLOCKING!

Jika semua langkah di atas sudah di terapkan maka berikut saya perkenalkan beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melakukan Overclock di Android.
Ada beberapa parameter atau pengaturan yang dapat di sesuaikan, antara lain:
  • Min CPU speed.
  • Max CPU speed.
  • Scaling/Governor.
  • I/O scheduler.
  • Power state/voltage.
Trik ini semoga bisa menambah kinerja hp Android anda sehingga performanya lebih baik lagi, demikian trik cara overclock Android semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.
Cara Overclock Android Adalah Meningkatkan Kinerja Prosesor (CPU) Diposkan Oleh: Andro -POP