Trik Android Terbaru, Aplikasi dan Game APK, Tips dan Trik BBM, Download APK Full

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android (Aplikasi Bloatware)

Andro -POP | ,12.00 |
Advertisement
Andro-POP - Seperti yang kita tau bahwa Android telah memiliki begitu banyak macam aplikasi baik yang tersedia di Play Store dan juga yang telah di tanamkan di Android yakni aplikasi bawaan Android atau aplikasi Bloatware dari pabrik. Setiap aplikasi yang terinstall memang akan memakan disk space dan juga akan memberatkan RAM bila kita menggunakannya secara bersamaan. Pada aplikasi bawaan Android sendiri memang bertujuan untuk memudahkan pengguna agar tidak repot-repot lagi memasang aplikasi lain dan yang sama penggunaannya. Akan tetapi terkadang aplikasi bloatware tersebut jarang atau bahkan ada yang tidak kita pakai sama sekali. Sedangkan aplikasi yang tidak kita gunakan itu akan tetap memakan ruang memori yang ada baik itu memori RAM dan juga memori internal telephone.

Kita beranggapan jika aplikasi yang tidak perlu sebaiknya di uninstall atau di copot. Namun apa bila kita ingin melakukan penghapusan pada aplikasi bawaan Android yang kita tidak butuhkan maka kita tidak bisa langsung mencopotnya secara langsung, sebab pada aplikasi bawaan Android ini telah terproteksi sebelumnya dari pabrik pembuatnya, jadi kita tidak bisa melakukan cara biasa untuk mencopot aplikasi tersebut.

Untuk menghapus aplikasi bawaan Android ini bisa kita lakukan dengan beberapa cara. Salah satunya menggunakan aplikasi, ini merupakan cara yang paling mudah menurut saya untuk kita dapat menghapus aplikasi bawaan di Android. Dan aplikasi ini dapat kita dapatkan via Play Store dengan cara gratis.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android (Aplikasi Bloatware)

Dan untuk kamu yang ingin melakukan penghapusan aplikasi bawaan di ponsel Android kamu maka silakan di simak 2 cara berikut ini.

Cara Mudah dan Aman Menghapus Aplikasi Android

1. Menghapus Aplikasi Bawaan Menggunakan System App Remover

System app remover

Untuk melakukan penghapusan aplikasi di Android salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan menggunakan aplikasi System App Remover. Dengan aplikasi ini anda bisa menghapus aplikasi yang di rasa tidak anda perlukan dan malah memakan memori yang cukup banyak. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat merestore aplikasi yang telah kita hapus sebelumnya apa bila kita ingin untuk mengembalikan lagi aplikasi yang terhapus di Android. Untuk menggunakan aplikasi ini persyaratan utamanya yakni Android anda harus dalam mode root atau telah selesai di root. Bila belum silakan anda cari cara root Android anda pada blog ini. Anda bisa mendownload aplikasi ini via Play Store.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Link2sd

link2sd

Anda juga dapat menggunakan aplikasi link2sd ini untuk menghapus aplikasi bawaan Android anda, akan tetapi ponsel anda sudah dalam keadaan root untuk menjalankan aplikasi ini dan juga lebih baik sudah di lakukan partisi pada SD Card anda agar dapat menikmati full fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut. Anda bisa mendownload aplikasi link2sd ini pada postingan sebelumnya yaitu Aplikasi Perlu, Penting dan Wajib di Android [ROOT] Terbaru. Dan untuk cara penghapusannya bisa anda simak di bawah ini.
Buka Link2SD, apa bila SD card anda sudah di partisi maka nanti akan muncul menu file system. Saat memilih letak file sistem, dan akan muncul peringatan guna meminta ijin Super User, lalu pilih Allow.
  • Cari aplikasi yang ingin di hapus lalu pilih action.
  • Maka akan muncul menu lagi, bila sudah yakin pilih saja Uninstall.
  • Lalu pilih OK untuk melanjutkan proses.
Apakah resiko yang akan di dapat bila kita menghapus aplikasi bawaan Android? Sama sekali tidak ada, karena kita hanya menghapus aplikasinya saja dan bukan menghapus atau meng-utak atik file system yang ada di dalamnya. Dan lagi pula anda masih dapat mengembalikan lagi aplikasi bawaan Android yang di hapus.

Demikianlah cara untuk menghapus aplikasi bawaan di Android, semoga dapat membantu anda dan juga bermanfaat bagi kita semua. Menghapus aplikasi bloatware Android dapat meringankan memori telpon yang ada pada smartphone, sebab semua aplikasi tersebut pada dasarnya adalah bawaan dari firmware yang tertanam di memori internal handphone. Selamat mencoba.
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android (Aplikasi Bloatware) Diposkan Oleh: Andro -POP