Cara Menambah Kapasitas RAM Android dengan RAM Manager Free

Andro-POP – Apa Anda tau fungsi RAM pada Android? Jika belum tau, maka disini saya akan beri contoh sedikit mengenai cara jalannya RAM di Android. Jika Android di ibaratkan seperti anak yang sedang belajar di sebuah meja maka meja tersebutlah sebagai RAMnya yang berfungsi sebagai wadah saat kita menaruh buku di atasnya dan begitu juga pada Android. Saat kita melakukan aktivitas, maka RAM itulah yang akan menampung proses yang kita jalankan seperti membuka aplikasi, memainkan game, menggunakan launcher dan aktivitas lainnya.

Tentunya RAM tetap tunduk pada CPU sebagai otak dari perangkat tersebut. Namun pada kali ini saya tidak akan membahas masalah kegunaan RAM tersebut, akan tetapi disini saya akan share cara menambah RAM di Android atau juga cara meningkatkan performa memori RAM di Android.

Ram Manager Free

Apakah Anda sering merasakan lemot di Android Anda? Baik itu saat menjalankan aplikasi dan juga aktivitas lainnya di Android Anda. Hal ini bisa saja di timbulkan oleh kinerja RAM yang terlalu banyak menerima pem-prosesan data dari CPU yang mengakibatkan Android menjadi lemot dan susah untuk digunakan. Namun tidak hanya itu yang dapat menyebabkan Android menjadi lemot, hal itu bisa saja disebabkan oleh spesifikasi yang minim dari Android Anda dan juga terlalu banyaknya aplikasi yang terpasang pada perangkat Android tersebut.

Dengan kapasitas RAM yang kecil maka tidak menutup kemungkinan akan membatasi keleluasaan pengguna saat menggunakan Androidnya. Coba bayangkan saat kita asyik-asyiknya main game lalu tiba-tiba Android kita menjadi lemot dan lag lalu force close sendiri, Kesalnya bukan main kan? Banyak hal yang membahas mengenai cara untuk meringankan RAM di Android agar tidak lemot seperti mengurangi penggunaan widget, launcher atau tema, aplikasi yang auto run (berjalan saat mulai start up) dan juga yang lainnya. Namun hal tersebut menurut saya tidak banyak membantu untuk mengatasi lemot di Android. Karena di samping masalah RAM, juga spek perangkat sangat berpengaruh.

Bagi orang kalangan atas yang mempunyai cukup budget untuk membeli perangkat Android dengan spek tinggi atau istilah kerennya “handphone spek dewa” mungkin tidak akan menglami masalah. Namun bagi orang yang mempunyai budget pas-pasan seperti saya tapi menginginkan performa yang maksimal dari Androidnya maka harus menggunakan berbagai macam cara agar dapat membuatnya menjadi maksimal.

RAM Manager Free : Aplikasi Gratis Untuk Menambah RAM di Android

Memang terdapat banyak sekali aplikasi penambah RAM yang terdapat di Play Store untuk Android baik itu yang berbayar maupun yang gratis. Namun kebanyakan aplikasi penambah RAM di Android yang memang ampuh tidak di edarkan dengan cuma-cuma. Akan tetapi ada satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menambah RAM pada Android Anda, yaitu RAM Manager Free. Sperti namanya, aplikasi ini di edarkan secara gratis di Play Store. Dan untuk performa kerjanya bisa di bilang tidak kalah dengan aplikasi penambah RAM Android yang bersifat premium.

Baca juga : 2 Cara Membersihkan Android dari File Tidak Penting (Cleaner)

Memang menggunakan aplikasi penambah RAM di Android tidak akan mengatasi masalah tersebut karena sifat dari aplikasi tersebut hanya bersifat virtual dan tidak secara fisik. Apakah percuma menggunakan aplikasi penambah RAM Android ini? Tidak juga, karena aplikasi ini membantu proses yang dilakukan oleh RAM utama sehingga apabila resource RAM Android penuh maka otomatis akan di alihkan ke memori card yang berfungsi sebagai virtual memori.

Tips untuk RAM Android yang Kecil

Sedikit tips dari saya, apabila Anda memiliki spek Android yang rendah sebaiknya Anda tidak menggunakannya terlalu over, seperti memasang aplikasi dan game yang berlebihan, cukup install game dan aplikasi yang di perlukan saja. Sekian cara menambah RAM Android paling jitu semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Cara Menambah Kapasitas RAM Android dengan RAM Manager Free | Admin | 4.5